UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


UI Kalahkan University of Notre Dame dan ITB Raih Bintang 4

Diposting oleh Unknown on Jumat, 09 September 2011

Universitas Indonesia (UI) naik ke posisi 217 versi Quacquarelli Symonds (QS) World Class University Ranking (WCUR) 2011/2012. Sedangkan Institut Teknologi Bandung (ITB) dilabeli QS sebagai perguruan tinggi berbintang empat.

“Peringkat tersebut berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2011/2012 pada 5 September 2011,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono kemarin. UI pada edisi 2011/2012 ini memperoleh skor 45,10. Sedangkan pada edisi 2010/2011 menduduki peringkat ke-236 dengan skor 42,56.

Dengan peringkat barunya, UI juga berhasil melampaui sejumlah perguruan tinggi favorit di dunia seperti University of Notre Dame yang ada di urutan ke- 223 dengan skor 44,8, Mahiodl University Thailand yang ada di posisi ke-229 dengan skor 43,10,dan Sidney University of Technology di posisi ke-268 dengan skor 39,7.

QS adalah sebuah lembaga yang peduli terhadap pendidikan, terutama tingkat perguruan tinggi. Lembaga yang lahir pada 1990 ini berkantor pusat di Utara London dan mempunyai kantor cabang di beberapa kota di penjuru dunia. QS World University Ranking adalah pemeringkatan untuk 500 universitas di seluruh dunia dan sudah berlangsung sejak 2004.

Pemeringkatan QS World University Ranking 2011/2012 menilai pada lima disiplin ilmu, yaitu Arts and Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences and Medicine, Natural Science, dan Social Sciences and Management. UI berada pada peringkat ke-142 di bidang Arts and Humanities, pada bidang Engineering and Technology UI pada peringkat ke-232, bidang Life Sciences and Medicine di peringkat ke- 162, serta bidang Natural Science pada peringkat ke-258, juga bidang Social Sciences and Management pada peringkat ke-124.

Sedangkan ITB mendapat label bintang empat dari perusahaan yang sama melalui QS Star Top University.Selain ITB, terdapat sembilan perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh bintang oleh QS Star Top University.Dalam program ini QS meratifikasi puluhan universitas di Indonesia dengan memberikan skor menggunakan simbol bintang.

Adapun poin yang dinilai yakni penelitian, kepegawaian, pengajaran, infrastruktur, internasionalisasi, inovasi, dan keadministrasian. ITB yang mendapat skor bintang paling tinggi karena Kampus Ganesha ini mendapat lima bintang pada poin internasionalisasi dan teknologi engineering.

“Empat bintang pada poin infrastruktur dan inovasi, tiga bintang untuk penelitian, kepegawaian, dan administrasi, serta satu bintang untuk pengajaran,”demikian pernyataan dari QS Star Top University.

Sedangkan ITS mendapat tiga bintang dengan perolehan bintang tertinggi pada poin infrastruktur, inovasi, dan administrasi, yakni sebanyak lima bintang. Empat bintang pada poin kepegawaian, tiga bintang untuk poin internasionalisasi, dua untuk pengajaran, serta satu bintang untuk penelitian. Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Jember (Unej), Universitas Gunadarma (Gundar), Universitas Katolik Parahiyangan (Unpar), Universitas Brawijaya (UB),dan Universitas Bina Nusantara (Binus) mendapat dua bintang.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter