UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Profil Politeknik Terpikat Sambas

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 17 September 2011

Politeknik Terpikat Sambas (POLTESA) adalah satu-satunya politeknik yang terdapat di Kabupaten Sambas. Terletak di Jalan Raya Sejangkung, Dusun Senyawan, Desa Sebayan, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Politeknik ini berdiri pada 8 Juni 2008. Semula Poltesa merupakan politeknik swasta dibawah Yayasan Terpikat Sambas yang diketuai oleh Ir. Ferry Madagaskar, M.Si. dan masuk dalam Kopertis Wilayah XI yang meliputi seluruh perguruan tinggi di Kalimantan.

Pendirian Politeknik Terpikat Sambas melalui jalan yang terjal dan berliku, tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Dengan berdirinya Politeknik Terpikat Sambas saat ini, adalah merupakan satu anugrah dari Allah SWT untuk seluruh masyarakat Sambas, jadi keberadaan Politeknik Terpikat Sambas harus disyukuri oleh seluruh masyarakat Sambas. Dalam usianya yang masih baru, ibarat bayi yang masih merah tentu saja banyak kelemahan dan kekurangan. Segala kelemahan dan kekurangan tersebut tentunya harus diperbaiki. Untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada tentunya kita cari jalan yang arif dan bijaksana sehingga permasalahan tetap teratasi dan suasana tetap kondusif.

Rintisan Pendirian Politeknik Terpikat Sambas dimulai dari tahun 2005 bekerjasama dengan LPKM Untan melalui kegiatan studi. Sikap masyarakat terhadap keberadaan Politeknik di Sambas dan tahun 2006 dilajutkan dengan kegiatan Studi Kelayakan. Hasil dari survey penyusunan studi Kelayakan terhadap 199 responden di 4 (empat) Kecamatan yaitu Kecamatan Sambas, Teluk Keramat, Tebas dan Pemangkat serta pada 5 (lima) SLTA utama di kabupaten Sambas, menunjukkan bahwa 96 % siswa berminat masuk Politeknik dan 98 % Orang Tua Siswa mendukung Pendirian Politeknik di sambas.

Pada tahun 2007, dibentuk Tim Pendirian Politeknik Sambas dengan SK Bupati No. 206 tahun 2007 tanggal 2 Juli 2007 yang bertugas melanjutkan proses Rintisan Pendirian Politeknik Sambas dengan tugas Pokok sebagai berikut:

1. Menyusun dan merumuskan arah kebijakan kegiatan persiapan pendirian Politeknik Sambas
2. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dan pengendalian pengawasan pelaksanaannya.

Alamat Kontak

Jl. Raya Sejangkung
Kawasan Pendidikan Tinggi Sambas
Kabupaten Sambas Kalimantan Barat
Telp: 0562_392701
Fax: 0562_392723





Politeknik Terpikat Bakal Dinegerikan

Politeknik Terpikat Sambas tidak lama lagi akan dinegerikan. Pemerintah Pusat dan daerah masih berkomunikasi. Pemerintah Kabupaten Sambas sendiri berharap secepatnya status swasta yang sekarang disandang berubah menjadi negeri.

“Sekarang tengah dibahas, komunikasi dengan pusat terus berlangsung,” ungkap Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sambas, Jamiat Akadol, belum lama ini.
Saat ini, Poltek Terpikan memiliki 800 mahasiswa berasal dari tiga angkatan. Jumlah tersebut termasuk banyak bagi perguruan tinggi baru. “Baru-baru ini pak bupati membahasnya di Jakarta. Jumlah mahasiswa Politeknik Terpikat termasuk yang terbanyak,” ujarnya.

Jika terwujud Polteknik Terpikat berstatus negeri, pembiayaan akan berbagi antara pusat dan daerah. Pusat kebagian tanggungjawab membiayai sarana dan pengelolaan kampus, sedangkan daerah bertanggungjawab membayar gaji tenaga pengajar dan pegawai. “Pendanaannya sharing, itu rencananya. Tidak semua dibiayai pusat,” kata Jamiat.

Sistem ini berbeda dengan perguruan tinggi negeri yang sudah ada di Kalbar. Universitas Tanjungpura, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri dan Politeknik Negeri Pontianak, semua pembiayaan ditanggung pemerintah pusat. “Sistem pembiayaan Politeknik Terpikat nanti berbeda dengan perguruan tinggi negeri yang sudah ada,” jelasnya.

Saat di Jakarta beberapa waktu lalu, Bupati Sambas Burhanuddin A Rasyid mengajukan perbuahan status dari swasta ke negeri tahun 2011. Namun Jamiat belum dapat memastikan apakah disetujui. “Bupati sudah berjuang untuk mewujudkannya. Semoga saja tahun ini dapat terwujud. Pemkab prinsipnya ingin secepat mungkin Pemerintah Pusat menyetujuinya,” ucapnya.

Status negeri, lanjut Jamiat, berdampak pada banyak hal. Hal pertama yang dikejar adalah kualitas lulusan. Dengan negeri, sistem pendidikan dan kurikulum setingkat dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Sehingga kualitas lulusan lebih baik. “Itu tujuan utama kita, agar lulusan Politeknik Terpikat sejajar dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Kalbar dan Indonesia,” kata Jamiat.

Politeknik Terpikat Sambas mendapat dukungan dari Pemda Kabupaten Sambas dan Dikti. Dukungan dari Pemda Kabupate Samas dialokasikan untuk Civil Work, ,pengadaan Purniture dan manajemen program, sedangkan dana Hibah Dikti diperuntukan untuk : Staf Development, Pengadaan Peralatan, Pengadaan Koleksi Perpustakaan, Program Pengembangan, dan Tenaga Ahli.



Copyright@laptopku-laptopmu.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter