UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Sistem Poin Dalam Formula 1

Diposting oleh Unknown on Minggu, 18 September 2011

Berapa poin yang diperoleh untuk Juara I dalam Formula 1, berapa pula nilai yang didapatkan untuk juara II dan seterusnya. Artikel tentang Sistem Penghitungan Poin Dalam Formula 1 akan menjawab semua pertanyaan Anda. Sejak Musim 2010 Formula 1 (F1) dipastikan bakal menggunakan sistem poin baru setelah asosiasi tim menyetujui usulan tersebut. Perubahan lain yang akan berlaku mulai tahun ini adalah soal penggunaan ban.


Berdasarkan sistem penilaian baru tersebut, nantinya 10 pebalap terdepan akan kebagian jatah poin. Sama seperti di ajang MotoGP, nilai yang didapat berturut-turut dari sang juara adalah 25-18-15-12-10-8-6-4-2-1.

Rencana penerapan sistem penilaian baru di balapan jet darat sesungguhnya sudah berhembus sejak beberapa bulan lalu. Pada penghujung 2009 World Motor Sport Council (WMSC) malah sudah memberikan lampu hijau untuk dimulainya prosedur penghitungan poin yang baru.

Diberitakan Reuters, keputusan perubahan sistem penilaian tersebut diambil setelah Formula One Commission, yang terdiri dari seluruh tim dan pemegang saham mayoritas, mencapai kata sepakat menyetujuinya. Sebelum benar-benar bisa diterapkan, regulasi anyar ini harus terlebih dulu disetujui oleh WMSC, meski itu diprediksi cuma formalitas saja karena mereka sudah lebih dulu menyetujuinya.

Regulasi Ban

Selain sistem poin, hal lain yang juga mengalami perubahan di musim 2010 ini adalah soal penggunaan ban. Mobil-mobil yang bisa lolos hingga Q3 diharuskan menjalani start balapan dengan menggunakan ban yang sama.

Kondisi ini jelas akan menjadi perhatian besar buat seluruh tim terkait strategi pit stop. Apalagi mulai tahun ini refueling juga tak lagi diperkenankan di tengah balapan.

"Dan demi menambah elemen strategi, mobil-mobil yang berpartisipasi di Q3 harus memulai balapan menggunakan ban yang sama seperti saat menentukan posisi gridnya," demikian pernyataan resmi FIA.

Masih soal ban, FIA juga membatasi jatah ban kering untuk masing-masing tim yang sebelumnya 14 menjadi 11.

Sementara soal penggunaan difuser bertingkat, yang tahun lalu secara kontroversial digunakan Brawn GP, akan dilarang penggunaannya mulai 2011. Tinggi diffuser utama juga dikurangi menjadi 125 mm dari yang sebelumnya 175 mm.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter