UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Top 10 Tempat Wisata di Bali

Diposting oleh Unknown on Minggu, 18 September 2011

Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.

Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.



1. Trita Empul

Tirta Empul terletak di desa Tampak Siring, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, sekitar 39 km ke arah timur kota Denpasar. Lokasi tersebut merupakan lembah, dikelilingi daerah yang lebih tinggi dan di sebelah baratnya terletak Istana Presiden Republik Indonesia.

Nama Tirtha Empul termuat dalam sebuah prasasti yang pada saat ini disimpan di Pura Sakenan, desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, sekitar 3 km dari Pura Tirta Empul. Dalam prasasti ini, Tirtha Empul dinamakan “Tirtha ri air hampul”, lama kelamaan menjadi Tirtha Hampul dan akhirnya menjadi “Tirta Empul”. Tirtha ri air hampul maksudnya adalah “patirthan yang airnya mengepul atau kolam suci yang airnya mengepul”.

Mata air tersebut kemudian pada tahun 960 M (882 Caka) ditata menjadi / sebagai kolam yang disucikan oleh raja “Indrajayasinghawarmadewa” dengan nama “Tirtha ri air hampul”. Data tersebut dimuat dalam prasasti di Pura Sakenan seperti tersebut diatas. Selain data efigrafi tersebut diatas, di Pura Tirtha Empul ditemukan pula peninggalan arkeologi sebagai berikut :

1. Lingga yoni, terletak di halaman II, diatas sebuah altar di balik tembok (aling-aling) dari gapura yang menghadap ke sebelah barat.
2. Arca Singa, yang telah aus/rapuh di bagian mukanya sehingga sulit dikenali. Dalam mithologi Hindu, singa adalah kendaraan Dewi Durga.
3. Tepasana, adalah bangunan yang pada saat awalnya (dahulunya) hanya berupa teras. Bentuk bangunan yang ada sekarang merupakan hasil pemugaran / direstorasi pada tahun 1967 M. Tanda selesai dilakukan pemugarandengan mengunakan tahun Caka dalam bentuk rangkaian relief yang disebut Candrasangkala / kronogram yang terdiri dari relief matahari nilainya 1, gajah nilainya 8, naga nilainya 8, candi bentar nilainya 9. Bila dirangkai nilainya menjadi 1889 Caka atau 1967 M.
4. Kolam Tirtha Empul, mata airnya mengepul sendiri dari tanah, lokasinya terletak di paling bawah pada kawasan dataran rendah yang dikelilingi oleh dataran yang jauh lebih tinggi yang berada di sekitarnya. Pada tahun 960 M, mata air yang mengepul dari dalam tanah ini dibangun / diperluas oleh raja "Indrajaya Singawarmadewa.


2. Mount Batur (Kintamani)

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia (van Bemmelen, 1949). Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m - 2152 m (puncak G. Abang). Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Dasar kaldera II terletak antara 120 - 300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakan Danau Batur. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu.


3. Bali Treetop

Bali Treetop merupakan Adventure park yang memiliki lebih dari 65 jenis tantangan. Disini anda akan bisa menyaksikan keidahan pemandangan hutan dan danau dari atas pohon, sambil terbang dan meluncur di circuit bali treetop dari pohon ke pohon yang lain seperti tarsan dangan menggunakan pulley. Outbound bali treetop ini mempunyai panjang lintasan sampai dengan 65 meter dengan ketinggian 20-30 meter tergantung dari keberanian seseorang, dan di samping itu pula ada di outbound bali treetop jua ada yang di rancang khusus untuk anak - anak dan wisatawan yang penakut.

Sebelum kita memulai permainan atau tantangan outbound bali di setiap sirkuit akan di tungguin oleh seorang petugas yang akan menjelaskan bagaimana cara pemakaian peralatan, serta memberikan pengarahan tentang bagaimana peraturan keselamatan yang harus di patuhi oleh seorang peserta di dalam melakukan aktifitas kegiatan di Bali Treetop. Seluruh areal aktivitas, platforms, seluruh konstruksi serta rancangan challenges dan seluruh peralatan bali treetop adalah sesuai dengan standard di Eropa dan dibawah pengawasan Technical Advisor dari Prancis.

4. Legian Beach

Legian Beach adalah salah satu pantai paling terkenal di Bali, pantai Legian adalah tempat favorit bagi mereka yang ingin berbelanja, berenang, atau bersantai di spa. Legian juga memiliki banyak anggaran hotel yang menawarkan akomodasi wisatawan dengan harga yang sangat wajar. Banyak hotel modis Bali, bar dan lounge yang juga terletak di daerah ini, membuat tempat yang ideal untuk mengunjungi atau tinggal.


5. North Bali Tour

Adalah suatu keharusan-lakukan untuk semua wisatawan. Sebuah kunjungan ke Bali tidak lengkap tanpa mengemudi di jalan indah melalui Pupuan, melintasi pegunungan ke pantai utara Bali. Bali utara adalah semua pengaturan alam dan pedesaan tentang indah dengan sawah yang indah, perkebunan besar dan sumber air panas alami. Pada jalan ini, satu juga datang di pantai Lovina hitam menarik dan multi-tier air terjun di Git Git.


6. Royal Taman Ayun Temple

Terdapat di Mengwi merupakan kunjungan senilai tempat dan penggemar dan kerumunan turis di sini secara teratur.


7. The Holy Monkey forest

Berlokasi dekat Sangeh adalah hutan suci dengan ratusan monyet sprite. Tidak seorangpun diijinkan untuk memotong kayu apapun di hutan ini. Ada sebuah kuil abad ke-17 yang merupakan tengara populer bagi wisatawan.


8. Tanah Lot

Merupakan sebuah formasi batuan lepas pantai Bali, yang terkenal dengan kuil Tanah Lot.


9. Bali Art Market

Merupakan salah satu tempat terbaik untuk mengumpulkan suvenir. Bagi mereka yang mencari pengalaman belanja besar, "Bali Pasar Seni" di Sukawati adalah tempat untuk pergi untuk semua jenis kerajinan dan tekstil.


10. Komodo National Park

Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.

Pulau-pulau ini aslinya adalah pulau vulkanis. Jumlah penduduk di wilayah ini kurang lebih adalah 4.000 jiwa. Pada tahun 1986 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Nasional Komodo juga dinominasikan dalam 7 keajaiban dunia alam versi new7wonders.

Copyright@laptopku-laptopmu.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter