UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Tips Merawat Hewan Peliharaan yang Mengidap Diabetes

Diposting oleh Unknown on Selasa, 03 April 2012



Foto : blogspot
Menangani diabetes pada hewan kesayangan Anda memang butuh perhatian khusus. Jika tidak dapat membahayakan. Pasalnya, penyakit ini bisa pembentukan katarak dan kehilangan penglihatan pada anjing, dan kerusakan saraf pada kucing.

Berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat merawat hewan yang mengidap diabetes.

Insulin untuk Hewan Diabetes
Insulin umumnya dipakai untuk pengobatan diabetes hewan, baik tipe 1 maupun tipe 2. Tipe 1 yaitu saat tubuh mengalami kekurangan hormon insulin, istilah dalam dunia kedokterannya adalah Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM),

Diabetes tipe 2, yaitu hormon insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya atau istilah kedokterannya Non-Insulin-Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).

Dokter hewan Anda dapat memberikan resep insulin khusus. Pemilik hewan peliharaan diabetes harus mendiskusikan dan mempelajari bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan insulin, dan berapa banyak insulin yang dibutuhkan untuk hewan peliharaan dengan dokter hewan mereka.

Sejumlah hal yang harus diperhatikan terkait insulin.

- Insulin harus disimpan dalam lemari pendingin.
- Insulin harus dicampur sebelum digunakan.
- Pencampuran harus dilakukan dengan adukan lembut (jangan dikocok).
- Jika insulin sudah kadaluwarsa jangan digunakan.
- Pangkas bulu hewan peliharaan tempat dimana akan dilakukan penyuntikkan insulin? Ini dapat membuat proses injeksi  
  lebih mudah.
- Monitor glukosa darah hewan peliharaan Anda.
- Ingat,  binatang peliharaan dapat diobati dengan hasil yang baik!

Mengelola Diabetes Hewan Peliharaan
Seperti diabetes pada manusia, diabetes hewan pun perlu dikelola dengan cermat agar hewan peliharaan Anda tetap hidup dan hidup sehat lagi. Ada tiga bagian utama mengendalikan gula darah binatang antara lain diet, pemantauan gula darah dan olahraga.

- Diet.

Bila anjing atau kucing terkena diabetes, mereka harus diberi makanan kering atau kalengan, dan penting untuk menghindari makanan semi basah karena mungkin mengandung kadar gula tinggi. Dokter hewan biasanya akan memberikan nasihat tentang kapan harus memberi makan hewan peliharaan dalam hubungannya dengan insulin.

- Pemantauan Glukosa Darah.

Menjaga dan monitor akurat kadar glukosa darah hewan peliharaan anda.Beberapa pemilik hewan peliharaan bisa diajarkan untuk melakukan hal ini di rumah.

- Olahraga atau Latihan.

Diabetes sering terjadi di antara kelebihan berat badan atau obesitas hewan, ketika terjadi kelebihan lemak akan menyebabkan resistensi insulin.

Ghiboo.com 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter