UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Tips Memotret Hewan yang Sedang Terbang

Diposting oleh Unknown on Selasa, 03 April 2012



Foto : animalsw.com
Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat ingin memotret hewan terbang, seperti elang atau burung?

Teknik memotret hewan saat terbang memang salah satu teknik yang sulit, namun jika Anda menguasai tekniknya, hasil foto anda akan spektakuler. Pembahasan fotografi kali ini akan mengulas berbagai teknik dan tips-tips memotret hewan terbang, terntunya agar foto yang dihasilkan menjadi spektakuler.

Sebelum memotret Anda harus mampu mencari dan menemukan pemandangan yang indah, carilah burung yang tengah terbang berkelompok, memotret burung dalam jumlah besar atau gerombolan akan lebih mudah dari pada memotret satu burung.

Pilih lokasi seperti taman atau kebun, carilah burung-burung yang terbiasa dengan aktivitas orang-orang atau burung-burung yang sedang mendekati lebah saat melakukan penyerbukan karena hal ini akan memudahkan Anda saat memotret.

Jangan lupa untuk menggunakan lensa tele, berhati-hatilah saat merencanakan pengaturan eksposur. Memotret burung yang terbang lurus ke arah kamera adalah hal paling mudah untuk memotret, karena Anda tidak perlu lagi menggerakan kamera untuk menetapkan subyek bergerak dalam bingkai. Kawanan burung seperti angsa atau lebah yang berkelompok akan lebih mudah daripada mencoba untuk menangkap satu objek.

Memotret seperti ini membutuhkan teknik yang baik. Berdirilah dengan kaki selebar bahu dalam sikap yang kokoh. Kemudian, menjaga siku Anda dengan tegar, dan hanya bagian atas tubuh dari pinggang saja yang berputar.

Ikuti objek Anda melalui lensa dan mencoba untuk tetap stabil dalam bingkai kamera. Untuk memaksimalkan peluang Anda untuk menangkap subjek dengan tepat, gunakan modus drive yang cepat pada kamera Anda.

Aturlah fokus dengan predictive auto-focus (AI Servo pada kamera SLR Canon), maka lensa akan melacak subjek bergerak, dan menjaganya agar tetap fokus pada setiap saat.

Membuat komposisi objek yang bergerak itu sulit dan butuh banyak kesabaran karena objek selalu bergerak. Sebaiknya berilah ruang yang cukup pada objek dalam bingkai kamera Anda sehingga seolah-olah objek bebas bergerak dalam bingkai kamera dan ini akan memudahkan Anda untuk memotretnya.

Memahami pengaturan kamera yang tepat penting artinya untuk bisa mendapatkan foto burung yang sempurna.

Pengaturan Kamera:
  • Aperture
Untuk kecepatan Shutter yang cepat, pilihlah modus Aperture Priority dan menggunakan bukaan rana yang lebar, seperti f/4.
  • ISO
Meskipun lensa diarahkan ke langit, namun tetap gunakan ISO tinggi untuk mendapatkan kecepatan shutter yang tinggi.
  • Exposure Comp
Modus Exposure Compensation diposisikan pada +1 stop yang berguna untuk menghindari langit dari over-exposure.
  • Metering
Gunakan eksposur Spot Metering agar bisa menghasilkan eksposur yang sempurna untuk menampilkan detil pada burung atau objeknya.
  • Frame Rate
Gunakan Modus Continous Shooting agar bisa menangkap beberapa frame sekaligus dan tidak ketinggalan momen.
  • Focusing
Gunakan Modus AI Servo untuk mengikuti dan mengunci objek yang bergerak cepat seperti burung yang bergerak cepat.
​Ghiboo.com - 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter