UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Pembelajaran Fungsi Komposisi, Sebuah Refleksi

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 11 Februari 2012

Beberapa pekan yang lalu saya mulai mengajarkan fungsi komposisi di kelas 11 IPA SMAN 1 Tanjung. Mengenai fungsi, siswa sudah dikenalkan di SMP, yang meliputi definsi, domain, kodomain dll, hal ini tidak saya bahas terlalu dalam. Jadi sifatnya saya hanya mengingatkan kembali. Setelah itu masuk ke materi fungsi komposisi itu sendiri.

Setelah pembelajaran selesai, ternyata hasilnya tidak begitu menggembirakan. Selidik punya selidik, ternyata kemampuan prasyarat siswa kurang memadai. Akhirnya saya mundur ke belakang untuk memberikan penguatan mengenai dasar-dasar fungsi. Ada 4 model soal yang saya berikan untuk memberikan materi prasyarat ini, contohnya di bawah ini:
1. Bila f(x) = x2 – x + 1, tentukan f(3)!
2. Bila f(x) = x2 – x + 1 dan f(x) = 3 maka tentukan nilai x!
3. Bila f(x) = x2 – x + 1 maka tentukan f(2x + 1)!
4. Bila f(2x + 1) = x2 – x + 1 maka tentukan f(x)!

Untuk kelas yang kemampuan rata-ratanya bagus, saya hanya memberikan beberapa soal sudah cukup membantu untuk mempelajari fungsi komposisi, tapi untuk kelas yang kemampuan rata-ratanya kurang, saya harus memberikan soal-soal model ini cukup banyak (drill).

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter