UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMA - Program Bahasa

Diposkan oleh zuf arshoq on Sabtu, 18 Februari 2012

Menilik dari hasil nilai bahasa Indonesia pada ujian nasional sebelumnya, nilai bahasa Indonesia dua tahun belakangan ini mengalami penurunan dibanding mata pelajaran lainnya. Fenomena ini mendeskripsikan jika bahasa Indonesia memiliki tingkat kesulitan yang sama atau mungkin lebih sulit dibanding matematika atau bahasa Inggris. Nilai ujian nasional pada mata pelajaran bahasa Inggris tahun pembelajaran 2009-2011 bahkan bisa melewati perolehan nilai bahasa Indonesia jika ditarik secara general di seluruh Indonesia. Mengapa hal ini dapat terjadi?
Pertama, penulis berpendapat jika soal-soal materi bahasa Indonesia (sengaja) dibentuk dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Opsional pemilihan dalam soal-soal pilihan ganda didominasi oleh opsional yang mirip antara satu opsional dengan opsional lainnya. Dengan dalil meningkatkan kekritisan dan kecermatan siswa, tipe soal seperti ini menjadi khas dalam pelajaran bahasa Indonesia. Hal inilah yang menciptakan kondisi yang serba membingungkan dalam diri para siswa ketika akan menjawab soal-soal bahasa Indonesia.
Kedua, adanya paradigma “bahasa itu fleksibel” yang diutarakan dan disetujui oleh para guru bahasa Indonesia membentuk wacana yang salah terhadap perkembangan pembelajaran bahasa Indonesia itu sendiri. Paradigma ini menjadi pembenaran jika bahasa Indonesia bergantung pada selera guru bahasa Indonesia masing-masing.
Ironisnya, selera bahasa Indonesia pada tiap gurunya berbeda-beda. Hal ini berdampak pada tidak adanya kesepahaman yang sama mengenai persoalan bahasa Indonesia antarsesama guru. Bahasa Indonesia menjadi asing di negerinya sendiri.


Latihan Soal UN 2012
Latihan Soal : View | Download
Pembahasan Soal : View | Download

Keterangan : dengan "view" Anda bisa membacanya secara online tanpa harus mengunduhnya. Apabila Anda mengunduhnya pastikan di komputer Anda terdapat program Adobe Acrobat Reader, apabila Anda belum memilikinya Anda bisa mengunduhnya disini : Download Adobe Reader X (10.1.1) (64.69 MB)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Flag Counter