UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMA - Program Keagamaan

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 18 Februari 2012

Adanya perbedaan asumsi terhadap sebuah soal dari guru bahasa Indonesia yang satu dan guru bahasa Indonesia lainnya membentuk pembenaran guru tidak memiliki waktu mengkritisi soal. Akhirnya, penggunaan kunci jawaban yang tertera pada buku-buku latihan soal dan try out menjadi solusi yang dilakukan guru. Padahal, belum tentu kunci jawaban tersebut merupakan jawaban yang paling relevan.
Guru bahasa Indonesia seolah-olah menjadi seragam dengan paradigma “fleksibilitas bahasa”, bahwa perbedaan pendapat dalam menangani persoalan bahasa Indonesia wajar terjadi. Para guru seperti inilah yang kerap membingungkan murid. Tanpa diberikan argumentasi yang logis, para guru bahasa Indonesia selalu menyelesaikan soal-soal latihan dan try out ujian nasional berdasarkan subjektivitas masing-masing.
Hal ini seolah-olah memberikan gambaran jika bahasa Indonesia tidak memiliki objektivitas. Para siswa kerap diposisikan sebagai objek pendengar yang selalu mengamini jawaban gurunya yang kebanyakam akan berbunyi “Ini sudah mengikuti kunci jawaban yang ada dalam buku”. Sebuah pemikiran yang sesungguhnya patut dikritisi.
Jadi, paradigma “fleksibilitas bahasa” yang diterima para siswa di kelas akan menutup kemungkinan murid mengkritisi soal-soal yang ada di hadapan mereka. Hal ini merupakan dampak paradigma guru yang sering berorientasi pada kunci jawaban yang ada dalam buku tanpa mengkritisinya dahulu. Jika salah, para guru-guru ini akan melancarkan argumentasi yang filosofis, jika bahasa itu bersifat multitafsir.
Untuk menyikapi hal ini, perlu dilakukan sebuah pembentukan kesadaran dalam diri guru-guru bahasa Indonesia untuk kembali membaca materi-materi bahasa Indonesia yang telah didapat di bangku kuliah. Adanya kerendahan diri guru bahasa Indonesia untuk membaca ulang materi, membaca kritis setiap soal-soal latihan ataupun soal-soal try out ujian nasional akan mengikis paradigma yang selama ini telah berkembang.
Sesungguhnya, jika para guru mau kritis, soal-soal yang yang rata-rata ada dalam buku-buku “Latihan Soal Menempuh UN” atau try out-try out di sekolah adalah ranah bahasa Indonesia yang hanya meliputi gramatika bahasa Indonesia saja, kecuali bidang sastra.


Latihan Soal UN 2012
Latihan Soal : View | Download
Pembahasan Soal : View | Download

Keterangan : dengan "view" Anda bisa membacanya secara online tanpa harus mengunduhnya. Apabila Anda mengunduhnya pastikan di komputer Anda terdapat program Adobe Acrobat Reader, apabila Anda belum memilikinya Anda bisa mengunduhnya disini : Download Adobe Reader X (10.1.1) (64.69 MB)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter