UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Latihan Soal Bahasa Inggris UN SMA - Program IPS

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 18 Februari 2012

Mendikbud Muhammad Nuh menjelaskan, mekanisme pelaksanaan UN sudah diatur sedemikian rupa. Di antaranya, paket soal yang disediakan dalam lima tipe berbeda, setiap ruang ujian dibatasi maksimal 20 orang, dan proses pembagian soal dilakukan secara acak.

"Ini memang menyulitkan peserta UN untuk mencontoh, mencontek, dan berbagai perbuatan tidak jujur lainnya. Setiap peserta mendapat tipe soal yang berbeda setiap harinya. Kalau memang mau mencontek temannya tidak bisa karena tipe soalnya beda," katanya.

Sementara, untuk mengantisipasi adanya isu bocoran jawaban soal UN, siswa peserta UN akan kesulitan jika mengandalkan bocoran. Setiap harinya mereka mengerjakan tipe soal yang belum tentu sama dan mereka tidak bisa menebak tipe soal yang akan diterima.

Ia menilai, komitmen untuk menyelenggarakan UN secara jujur perlu diwujudkan, sebab UN juga menjadi media membangun karakter kejujuran di kalangan siswa.

"Kalau dari masa sekolah sudah terbiasa mencontek, mencontoh, dan perbuatan tidak jujur lain, nanti setelah jadi besar dan jadi pejabat akan berbuat korup. Perbuatan tidak jujur didorong oleh satu tujuan, termasuk berbuat mencontek saat UN karena didorong tujuan ingin lulus," papar Nuh.

Saat ditanya mengenai target kelulusan siswa pada tahun ini, Nuh mengaku tak memasang target. Seluruhnya diserahkan kepada masing-masing daerah sepanjang menaati aturan yang berlaku dan menjamin pelaksanaan UN secara bersih dan jujur.



Latihan Soal UN 2012
Latihan Soal : View | Download
Pembahasan Soal : View | Download

Keterangan : dengan "view" Anda bisa membacanya secara online tanpa harus mengunduhnya. Apabila Anda mengunduhnya pastikan di komputer Anda terdapat program Adobe Acrobat Reader, apabila Anda belum memilikinya Anda bisa mengunduhnya disini : Download Adobe Reader X (10.1.1) (64.69 MB)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter