UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)

Diposting oleh Unknown on Minggu, 07 Agustus 2011

Unlam atau Universitas Lambung Mangkurat adalah perguruan tinggi negeri di Banjarmasin, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1958. Rektor unlam pada periode tahun 2010 – 2014 adalah Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, M.S. Universitas Lambung Mangkurat berdiri atas inisiatif dan jasa pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di Kalimantan Selatan yaitu mereka yang pada tanggal 17 Mei 1949 memproklamasikan Pemerintahan Gubernur Militer ALRI Divisi IV Kalimantan, dibawah pimpinan Gubernur Militer Hasan Basry, sebagai upaya menegakkan kemerdekaan. Pada waktu reuni Kesatuan Tentara Nasional Indonesia Divisi Lambung Mangkurat di desa Niih Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada tanggal 3 – 10 Maret 1957 mereka membentuk “Dewan Lambung Mangkurat” dengan beberapa rencana kerja diantaranya mendirikan perguruan tinggi di Kalimantan Selatan.


Kampus

Banjarmasin

Kampus Banjarmasin terletak di Kota Banjarmasin. Fakultas yang berada di kampus ini adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Banjarbaru

Kampus Banjarbaru terletak di Kota Banjarbaru. Fakultas yang berada di kampus ini adalah Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Perikanan, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Fakultas

Universitas Lambung Mangkurat memiliki 10 fakultas, yaitu:

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
2. Fakultas Hukum
3. Fakultas Ekonomi
4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
5. Fakultas Teknik
6. Fakultas Pertanian
7. Fakultas Kehutanan
8. Fakultas Perikanan
9. Fakultas Kedokteran
10. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas dari 1-4, yang kebanyakan merupakan fakultas-fakultas ilmu sosial, terletak di Banjarmasin, sedangkan fakultas dari 5-10 yang merupakan fakultas-fakultas ilmu alam terletak di Banjarbaru kecuali Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika yang masih berada di kampus unlam Banjarmasin.

Rektor

Rektor univeritas lambung mangkurat adalah pimpinan tertinggi di univeritas lambung mangkurat yang di pilih oleh senat univeritas dalam sidang senat univeritas. Sejak berdirinya univeritas lambung mangkurat telah terdapat beberapa rektor.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter