UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Soal-soal UMB PTN Tahun 2008

Diposting oleh Unknown on Selasa, 09 Agustus 2011

ujian masuk bersama atau UMB dikenal juga engan sebutan UMB PTN atau UMB PT pertama kali digelar pada tahun 2008 dan pendaftarannya dibuka sampai 4 Juni 2008 dan ujian tanggal 7-8 Juni. Sedangkan untuk seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), pendaftarannya 16-28 Juni dan ujiannya 2-3 Juli 2008.

Informasi masuk PTN pada tahun 2008 memang terkesan simpang siur karena sistem rekrutmen mahasiswa sekarang makin beragam, tak cuma satu-dua jalur. Sayangnya, beragamnya jalur itu hingga kini tak membuat adanya satu institusi yang menjadi semacam clearing house atau pusat informasi.


Informasi yang didapat justru lebih banyak ditulis para blogger daripada informasi resmi dari penyelenggara. Sistem seleksi UMB dan SNMPTN hanya menjadi keping-keping berita. Jika searching di mesin pencari seperti Google, sulit mendapatkan situs resminya.

Website milik PTN bersangkutan juga tak semuanya menyajikan informasi seleksi penerimaan mahasiswa secara enak dan mudah dimengerti. Padahal, website merupakan ”jendela” untuk menengok halaman kampus.

Tapi, syukurlah, situs SNMPTN sudah dibuat dengan alamat www.snmptn.ac.id. Cukup lengkap karena sudah memuat berbagai informasi PTN yang tergabung, termasuk jurusan yang disediakan dan daya tampung masing-masing jurusan.

Pola baru

SNMPTN lahir dari kritik sejumlah PTN soal pengelolaan keuangan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) dalam dua tahun terakhir. Setelah melalui diskusi panjang, 57 PTN sepakat menggelar SNMPTN dengan sistem pengelolaan keuangan yang transparan.

UMB merupakan ujian tulis masuk bersama untuk lima PTN, yaitu UI, UNJ, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, USU Medan, dan Unhas Makassar.

Hari-hari ini akan menjadi saat menyesakkan bagi kalian yang mau mencari perguruan tinggi.

Tiap sistem rekrutmen punya daya tampung yang berbeda-beda. UGM, misalnya, menerima 30 persen mahasiswa baru dari jalur penelusuran bibit unggul, 65 persen melalui jalur ujian tulis, dan 5 persen sisanya melalui jalur SNMPTN.

UNJ membuka jalur penerimaan penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) dengan kuota 10 persen, UMB 30-35 persen, dan sisanya SNMPTN.

Sebenarnya jika target pertama kamu masuk PTN karena suatu alasan, misalnya biayanya murah, kalian harus punya strategi. Sebagai contoh, memasang pilihan pertama dengan jurusan bergengsi (passing grade tinggi) dan pilihan kedua untuk jurusan yang kira-kira sepi peminat (passing grade rendah).


Download Soal-soal UMB PTN 2008


Karena itu, tanyakan kepada guru atau pembimbing di bimbingan belajar untuk tahu passing grade tiap program studi. Kenali dulu kapasitasmu, baru menyesuaikan diri dengan passing grade tiap program studi.

Memang banyak cara untuk bisa masuk PTN. Agar kemungkinanmu bisa masuk PTN lebih tinggi, kalian memang harus memegang informasi tata cara masuk PTN, yang punya berbagai jalur cara masuk itu.

Tata cara masuk yang beragam itu juga berlaku pada program diploma. Harap diingat, setiap perguruan tinggi itu pun punya tata cara masuk yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan berbagai informasi tersebut, paling mudah lewat website PTN yang diinginkan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter