UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Ini Dia Danau Unik dan Spektakuler di Dunia....!!

Diposting oleh Unknown on Kamis, 11 Oktober 2012


Danau merupakan salah satu karya alam. Terdapat begitu banyak danau yang ada di dunia ini, di antaranya bahkan terbilang spektakuler karena memiliki karakter unik.

Berikut danau-danau unik di seluruh dunia, Simak ulasannya


Assal, Danau Berkadar Garam Tertinggi di Dunia

Danau Assal

Danau Assal adalah sebuah tempat yang mempunyai kadar garam tertinggi di dunia. Danau kawah ini terletak 155m di bawah permukaan laut Depresi Afar di pusat Djibouti. Danau inipun menjadi titik terendah di daratan Afrika.

Sumber air danau ini berasal dari air panas yang mengalami salinitas di dekat air laut. Suhu air di danau ini mencapai 33 hingga 34 derajat celcius. Tempat inipun biasa digunakan untuk penambangan garam yang kemudian dibawa menuju Ethiopia.

Daerah ini mengalami penguapan tinggi dengan tingkat salinitas air 10 kali lipat dari laut. Hal itu menyebabkan daerah ini menjadi salah satu daerah terasin di dunia. Saat ini, Djibouti sedang mengusahakan Danau Assal dan Gunung Berapi Ardoukoba sebagai situs warisan dunia.


Air Danau Ini Luar Biasa Bersih

Crater Lake

Salah satu hal yang membuat danau ini menjadi unik adalah airnya yang benar-benar bersih jika dibandingkan dengan air di danau-danau lain di dunia. Kebersihan air ini dikarenakan danau ini hanya mendapatkan suplai air dari air hujan dan salju.

Tidak ada jalur untuk air masuk maupun keluar danau, sehingga bentuk danau ini benar-benar tampak seperti mangkok raksasa. Crater Lake terletak di Oregon, Amerika Serikat. Lebih tepatnya, danau ini terletak di kaldera Gunung Mazama.

Danau inipun menjadi danau terdalam di Amerika Serikat dengan kedalaman mencapai 594m. dengan jumlah air yang begitu banyak dan tidak adanya jalur keluar masuk bagi air di danau ini, maka dibutuhkan waktu selama 250 tahun untuk mengganti keseluruhan air di danau ini.

Danau ini pertama kali ditemukan oleh John Wesley Hillman pada 12 Juni 1853. Pertama kali ditemukan danau ini diberinama “deep blue lake”. Sepanjang sejarah, danau ini setidaknya telah berganti nama sebanyak tiga kali hingga akhirnya ditetapkanlah “crater lake” sebagai nama dari danau ini.


Air Danau Ini Terus Mendidih

Boiling Lake

Danau ini bernama Danau Boiling. Namanya sudah menunjukkan keunikan dari danau ini, ‘boil’ yang dalam bahasa Inggris berarti 'mendidih'. Air danau yang berwarna biru keabu-abuan terus mendidih sepanjang waktu. Selain itu, danau ini selalu diselimuti awan yang berasal dari uap air tersebut.

Danau Boiling terletak 10,5 km di sebelah timur Roseau, Dominica. Tepatnya, ini terletak di Morne Trois Pitons National Park, Dominica. Danau ini menjadi salah satu situs warisan dunia dari negara tersebut. Ini merupakan fenomena lubang di permukaan Bumi.

Luas permukaan danau ini hanya 60 m persegi secara keseluruhan. Fenomena air mendidih inipun menarik perhatian ilmuwan untuk menelitinya. Diketahui jika suhu air di permukaan danau berkisar pada 82-91,5 derajat Celsius. Namun sayang, para ilmuwan tersebut tidak dapat mengukur suhu air di pusat danau tempatnya aktif mendidih. Para ilmuwan mencatat jika kedalaman dari danau ini mencapai 59 m.


Ada Danau Tersusun dari Aspal

Pitch Lake

ada umumnya, danau diartikan sebagai daerah yang terisi oleh air. Namun, danau ini jelas-jelas berbeda dan unik. Tidak seperti danau lainnya yang berisi air, danau ini terdiri dari aspal.

Danau ini telah membuat para penjelajah, ilmuwan, dan rakyat biasa terpesona. Setiap tahunnya sekira 20.000 pengunjung akan datang untuk melihat keunikan dari Pitch Lake. Sir Walter Raleigh adalah orang pertama yang menemukan danau ini pada 1595. Nama danau ini, yaitu ‘Pitch’ merupakan nama kuno yang digunakan untuk menyebut aspal.

Danau yang masih aktif digunakan untuk pertambangan ini menghasilkan aspal dengan kualitas tinggi. Aspal-aspal ini pada umumnya diekspor untuk membuat kontruksi jalan. Pitch Lake memiliki luas sekira 500 m persegi dengan kedalaman sekitar 75 m.


Danau Gletser Berlukiskan Panorama Alam

Danau Saiful Muluk

Danau Saiful Muluk termasuk salah satu danau tertinggi di Pakistan. Terletak di ujung utara Lembah Kaghan dekat Naran, Pakistan, danau ini terletak pada ketinggian 3.224 di atas permukaan laut.

Air yang berada di danau ini berasal dari gletser di sekitar cekungan. Air yang jernih membuatnya seperti cermin, memantulkan pemandangan indah di sekeliling danau. Danau ini dikelilingi oleh hutan dengan warna daun berwarna-warni, pegunungan, dan langit yang indah.

Sebuah Brown Trouts dengan ukuran sekitar tujuh kilogram pernah ditemukan di danau ini. Sekira 26 spesies tanaman vascular dapat ditemukan di daerah ini, tapi yang paling banyak ditemukan adalah Asteraceae.

Danau Surga, Benar-Benar seperti di Surga

Heaven Lake

Danau Surga atau Heaven Lake merupakan salah satu danau yang terunik di dunia. Danau ini merupakan danau kawah tertinggi di dunia. Menurut Guinness Book of World Records, danau ini terletak di ketinggian 7.183kaki di atas permukaan laut.

Danau ini terletak di antara dua negara, yaitu di perbatasan antara China dan Korea Utara. Danau Surga terletak di dalam kaldera Gunung Baekdu. Danau kawah yang tercipta karena sebuah letusan besar ini sebagian daerahnya terletak di Korea Utara dan sebagian lagi di Cina Timur Laut.

Danau meliputi area seluas 9,82 km persegi dengan panjang dari selatan ke utara, yaitu 4,85 km, dan panjang dari timur ke barat sepanjang 3,35 km. Kedalaman rata-rata dari danau ini adalah 213 m, dengan kedalaman maksimum 384 m. Heaven Lake akan tertutup es mulai pertengahan Oktober sampai pertengahan Juni.



sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16845414

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter