UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


29 Oktober ternyata Hari Internet Sedunia

Diposting oleh Unknown on Minggu, 28 Oktober 2012





 

Jutaan orang menggunakan Internet setiap hari. Ya, dunia maya telah membuat manusia terhubung dengan dunia secara instan. Namun tahukah Anda, bahwa 29 Oktober ditetapkan sebagai Hari Internet (Internet Day) sejak 2005? Dan semenjak itu momen ini diperingati banyak orang di dunia.

Internet Day diperingati sebagai bentuk perayaan pembebasan ide, perayaan demokrasi, di mana setiap orang memiliki kesempatan dan manfaat yang sama, untuk bisa saling terbagi dan terhubung satu dengan lainnya.

Awalnya, Internet dikenal sebagai ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), yang di tahun 1969, oleh Charley Kline, siswa programer UCLA mentransmisikan pesan pertamanya pada 29 Oktober 1969. Caranya melalui pesan elektronik pertama yang dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain di California, Amerika Serikat.

Kini Internet telah dapat dinikmati di seluruh orang di dunia untuk memudahkan pekerjaan mereka, mulai dari mencari bahan informasi, hingga berhubungan dengan mereka yang terpisah jarak dan jauh dari belahan dunia lain. Dan seiring perkembangan zaman, ada lima website yang tidak pernah sepi dari kunjungan penggemar dunia maya, mereka adalah Twitter, Wikipedia, YouTube, Facebook dan Google. Dan berikut profil mereka masing-masing:


Twitter
Twitter adalah salah satu jejaring sosial microblogging yang memungkinkan penggunanya mengirim pesan atau membaca pesan melalui 140 karakter yang disebut tweets. Dibuat oleh Jack Dorsey mahasiswa lulusan New York University, dan diluncurkan pada 2006.

Layanan ini cukup cepat meraih popularitas di dunia, pada 2012 kurang lebih ada lebih dari 500 juta pengguna aktif dan setiap harinya ada 340 juta tweet terkirim setiap harinya. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari 10 besar situs paling sering dikunjungi di Internet.

Popularitas Twitter mulai naik pada 2007 di mana penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 tweet per hari menjadi 60.000. Perusahaannya pun berkembang pesat, 100 juta tweet diposting perkuartal 2008, pada Juni 2010, menjadi 65 juta tweet hari, setara dengan 750 tweet dikirim setiap detiknya. Luar biasa! Compete.com mencatat Twitter sebagai pemenang ketiga tertinggi sebagai situs jejaring pada Januari 2009, di mana sebelumnya ia berada di peringkat 22.


Wikipedia
Ini adalah sebuah ensiklopedi di Internet yang bisa diakses secara gratis yang di dukung oleh Wikimedia Foundation. Memuat sekitar 23 juta artikel, lebih dari 4 juta dari Wikipedia berbahasa Inggris, ditulis secara kolaboratif oleh sukarelawan di seluruh dunia. Hampir semua artikel dapat diedit siapa saja yang memiliki akses dan memiliki 100.000 kontributor aktif. Pada Oktober 2012, Wikipedia tersedia dalam 285 bahasa, menjadi sumber referensi Internet terbesar yang paling umum dan populer di seluruh dunia, dengan estimasi 2011 2,7 milyar pageviews setiap bulannya, itu hanya untuk di Amerika Serikat saja.

Wikipedia didirikan pada Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Sanger menciptakan Wikipedia dari gabungan kata Wiki yang dalam bahasa Hawai artinya "quick" (cepat) dengan kata encyclopedia (ensiklopedia).

Youtube
YouTube ialah situs untuk men-share video, didirikan oleh tiga mantan karyawan paypai pada Februari 2005 yakni Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim di mana pengguna dapat meng-upload, melihat, dan membagi video untuk dilihat di seluruh dunia. Perusahaan ini berbasis di San Bruno, California. Menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5, untuk menampilkan berbagai konten video movie clips, TV clips, dan video musik, selain itu juga ada konten amatir seperti video blogging dan video pendek.

Google
Ia adalah search engine terbesar di dunia. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 4 September 1998. Pada Oktober 2012, Alexa, sebuah perusahaan informasi rating website, menyatakan Google menjadi website pertama yang paling banyak dikunjungi di dunia, secara global, dan di Amerika Serikat, tahun lalu dan tahun ini. Google bahkan telah berjalan di lebih satu juta server di seluruh data center di dunia, dan telah memproses lebih dari satu milyar permintaan pencarian.

Facebook
Facebook adalah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada 2004, diciptakan oleh seorang anak muda jenius bernama Mark Zuckerberg. Pada September 2012 tercatat ia memiliki lebih dari 1 milyar pengguna aktif. Menurut Alexa, tahun ini Facebook menempati peringkat dua website paling banyak dikunjungi. Menurut Compete.com pada Januari 2009, Facebook merupakan layanan jejaring sosial yang paling sering digunakan oleh pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. arm/R-1

 

sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/508df6631b76089344000007/29-oktober-ternyata-hari-internet-sedunia/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter