UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


UPDATE Sirkuit Balap Top Dunia Pilihan

Diposting oleh Unknown on Minggu, 18 November 2012



8. Suzuka Circuit



Suzuka Cicuit merupakan sirkuit yang terletak di Ino, Suzukua, Prefektur Mie, Jepang. Sirkuit ini di design untuk test track Honda pada tahun 1962 oleh John Hugenholtz. Suzuka adalah salah satu sirkuit yang menggunakan layout “8”. Sirkuit ini unik karena memiliki “overpass” sebagai bagian dari sirkuit.

Sirkuit ini bisa dipakai dalam 3 konfigurasi, yaitu “Full Circuit”. “Suzuka East” dan “Suzuka West”.

Sirkuit ini juga dipakai untuk perhelatan F1, Super GT, Suzuka 8 Hours, Suzuka 1000km. Sirkuit ini banyak memakan korban salah satunya ialah Dajiro Katoh, pembalap MotoGP yang meninggal di sirkuit ini, maka dari itu MotoGP mencabut Grand Prix Suzuka, dan tidak memakainya lagi sebagai perhelatan MotoGP.



Spoilerfor Track Layout:


Spoilerfor East Course:




9. Circuit de la Sarthe (Perancis)


Sirkuit de la Sarthe atau juga dikenal dengan nama Le Mans, merupakan sirkuit yang berlokasi dekat dengan Le Mans, Perancis. Sirkuit ini juga dikenal dengan salah satu sirkuit yang panjang di dunia dengan panjang 13,629 km. Sirkuit ini juga merupakan sirkuit yanb melegenda dimana selalu menyelenggarakan kejuaraan balap ketahanan 24 jam le mans (24 Hours of Le Mans).

Disamping digunakan pada ajang balapan Le Mans, sirkuit ini juga memiliki konfigurasi pendek, atau lebih dikenal dengan nama Bugatti Circuit, sirkuit ini rutin digunakan menjadi salah satu tuan rumah balapan MotoGP.


Spoilerfor de la Sarthe Layout:


Spoilerfor Bugatti Circuit:


Spoilerfor OnBoard:


10. Silverstone (Inggris)



Silverstone merupakan sirkuit yang menjadi saksi bisu lahirnya balapan F1 tahun 1950. Di F1, Michael Schumacher mengalami kecelakaan serius pada bulan Juli tahun 1999 dimana Ia mendapatkan cedera patah kaki.

Sirkuit ini dibuka pada tahun 1948 dengan kondisi awal pada saat itu sebagai tempat lapangan udara militer. Sejak kala itu sirkuit ini banyak mengalami perubahan. Sirkuit ini dipakai untuk perhelatan akbar F1, MotoGP, Superbike, FIA GT1 World Championship, British Touring Car Championship. Sirkuit ini memiliki 5 konfigurasi sirkuit diantarnya,

  1. Arena Grand Prix Circuit, 5.901 km
  2. Bridge Grand Prix Circuit, 5.141 km
  3. International Circuit, 3,619 km
  4. National Circuit, 2,638 km
  5. Stowe Circuit, 1,281 km

Spoilerfor Arena Grand Prix Circuit Layout:


Spoilerfor Bridge Grand Prix Circuit Layout:


Spoilerfor National Circuit Layout:


Spoilerfor Stowe Circuit Layout:


Spoilerfor OnBoard:

11. Mount Panorama Circuit[



Mount Panorama atau dikenal dengan Bathurst adalah sirkuit yang terletak di Bathurst, New South Wales, Australia. Sirkuit ini merupakan sirkuit tuan rumah pada kejuaraan Bathurst 12 Hour, yang diadakan setiap bulan Februari, dan Bathurst 1000, yang diadakan setiap bulan Oktober.

Sirkuit ini memiliki panjang 6,213 km secara keseluruhan, sirkuit ini dipakai untuk berbagai perhelatan balapan diantaranya, Bathurst 1000, Bathurst 12 Hour, Aust. Touring Car Champ, Australian Grand Prix, Australian motorcycle Grand Prix, Australian Tourist Trophy, Australian Drivers' Champ.


Spoilerfor Track Layout:


Spoilerfor OnBoard:


12. Pescara Circuit (Italia)



Pescara Circuit adalah sirkuit yang terletak di Pescara, Italia. Sirkuit ini menjadi tuan rumah balapan F1 pada tahun 1957 yang dimenangkan oleh Stirling Moss. Jalan di sirkuit ini sangat bergelombang serta sempit, sirkuit ini memiliki jarak 25,8 km, merupakan sirkuit terpanjang pada kejuaraan balapan Open-Wheel. Seperti kebanyakan sirkuit yang panjang (Nurburgring dan Spa-Francorchamps) Pescara merupakan sirkuit yang sangat berbahaya. Banyak para sejarawan balap menganggap bahwa Pescara merupakan sirkuit paling berbahaya yang pernah dibuat.

Sirkuit ini ditutup permanen pada tahun 1961, dimana balapan terakhir adalah “four hour World Sportscar Championship” yang dimenangkan oleh Lorenzo Bandini dan Giorgio Scarlatti. Sirkuit ditutup dikarenakan alasan keamanan pembalap serta penonton.


Spoilerfor Track Layout:


Spoilerfor About Pescara Circuit:


13. Snaefell Mountain Course

Snaefell Mountain Course atau Mountain Course merupakan sirkuit jalanan yang dipakai untuk perhelatan balapan Isle Of Man Tourist Trophy dan Mann Grand Prix, balapan diadakan dari tahun 1911. Sirkuit ini merupakan salah satu sirkuit tertua yang masih aktif digunakan sebagai perhelatan ajang balap.

Sirkuit ini memiliki panjang sejauh 60,73 km, sirkuit yang amat berbahaya ini memiliki jumlah tikungan 200+, jalan bergelombang dan tentunya sempit, tak ayal banyak sekali kecelakaan terjadi. Balapan ini hanya khusus orang-orang bernyali besar bayangkan saja, melaju secepat 320 KM/H dijalan pekarangan rumah, perkotaan, dan melewati pegunungan.

Spoilerfor Track Layout:


sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/508e580a0176084a38000017/13-sirkuit-balap-top-dunia-pilihan-serba-13

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter