UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


5 Pencipta Lagu Terbaik Indonesia

Diposkan oleh zuf arshoq on Selasa, 27 November 2012

Indonesia pantas di acungi jempol, negara yang memiliki banyak potensi manusia dari berbagai bidang ini, juga bisa dikatakan unggul di bidang seni, salah satunya adalah para musisi TOP Indonesia. Bahkan beberapa band atau penyanyi Indonesia sempat meledak di Negeri “orang”. Nah, dibalik kesuksesan tersebut, mari kita simpulkan siapa-siapa saja musisi Indonesia dengan kualitas dan karakter karya musik paling bagus.



1. Ariel Peterpan
Nazril Ilham, nama asli dari Ariel Peterpan, merupakan musisi yang cukup terkenal di Indonesia. Lewat karya-karyanya, banyak sekali lagu-lagu yang bagus telah tercipta dari tangannya. Bersama band Peterpan, dia melejit mulai dari album pertama hingga album terakhirnya tahun 2009 lalu.



Kenapa Ariel ini dikatakan sebagai musisi dengan kemampuan menciptakan lagu yang baik ??? Jawabannya adalah dari seluruh album Peterpan yang ada, rata-rata separuh lebih dari semua hits lagu yang ada di tiap album selalu meledak.

Mari kita list lagu-lagu yang populer dari tiap album-albumnya.
Album 1 (Taman Langit): Mimpi Yang Sempurna, Topeng, Aku dan Bintang, Yang Terdalam, Semua Tentang Kita, Sahabat
Album 2 (Bintang Di Surga): Ada Apa Denganmu, Mungkin Nanti, Bintang Di Surga, Ku Katakan Dengan Indah, Khayalan Tingkat Tinggi, Dibelakangmu
Album 3 (Alexndria): Tak Bisakah, Jauh Mimpiku, Menunggu Pagi, Langit tak Mendengar, Membebaniku
Album 4 (Hari Yang Cerah): Hari Yang Cerah Untuk Jiwa Yang Sepi, Menghapus Jejakmu, Dibalik Awan, Cobalah Mengerti, Sally Sendiri
Album 5 (Sebuah Nama Sebuah Cerita): Walau Habis Terang, Tak Ada Yang Abadi, Kisah Cintaku, Dilema Besar

Dari sekian list yang ada, mungkin masih ada lagi lagu yang pantas di tampilkan, namun penulis mengakui jika Ariel memang seorang musisi yang memiliki kemampuan membuat lagu dengan sangat baik.
Karakter musik yang dibawa oleh pentolan grup Peterpan ini juga cukup unik, simple, dan punya ciri khas. Menurut penulis, gaya permainan gitar Lukma (Gitaris Peterpan) sangat terlihat sekali karakternya dan mampu bertahan hingga album terakhir.


2. Ahmad Dhani
Terkenal dengan karakter yang tegas dan kuat pendirian, musisi ini sangat pandai dalam menciptakan lagu, mulai dari lagu pop, rock, jazz, dan lainnya, dia menjadi seorang yang memilki karier yang bisa dibilang cukup stabil.



Berawal dari bermain musik dengan grup Bandnya DEWA 19, Dhani menjadi ikon tetap pada grup band tersebut walau sempat terjadi perubahan formasi band yang lebih dari 1 kali. Kemampuannya dalam memimpin sebuah band telah dikembangkan menjadi teknik bisnis musik. Dhani membentuk Republik Cinta Manajemen (RCM) yang berisi musisi-musisi nasional dengan kredibilitas yang patut diacungi jempol. Sebut saja Andra Ramadhan, Mulan Jameela, Sevie Item, dan lain sebagainya. Bersama RCM ini, Dhani meraih sukses dan menunjukkan bahwa siasat “dagang” pada bisnis di dunia musik sangatlah ampuh.

Mengenal sisi lain Ahmad Dhani, dalam segi musikalitas dia pantas disebut calon legenda musisi Indonesia, karya-karyanya sangat populer dan memiliki warna khusus. Sebut saja band legenda Dewa 19, gaya musik dari Dewa 19 adalah Rock (sedikit berbau pop) dengan diimbangi dengan menggunakan tekno (instrumen tambahan) hampir pada setiap musiknya. Selain itu, dari segi penggunaan lirik, Dhani terkenal dengan menggunakan lirik yang “Sangar” dan beberapa lagu bernuansa “Garang” dan Homonim. Mari kita ambil contoh dari potongan lirik lagu Dewa 19 – Cemburu:

Quote:Ingin kubunuh pacarmu
Saat kau peluk tubuh indahmu
Didepan kedua mataku
Hatiku terbakar jadinya cantik, aku cemburu


Lirik Lagu ini menunjukkan kegarangan yang bermakna hiperbola. Seolah-olah hanya karena cinta seseorang berani melakukan apapun, bahkan membunuh orang lain karena cemburu (Beginilah seni).
Kita ambil contoh lagi dari potongan lirik lagu Dewa 19 – Cinta Gila:

Hati hati dengan hatiku
Karna hatiku mudah layu
Jangan kamu bermain-main
Karna ku tak main-main


Ini adalah contoh lagu yang bernuansa Homonim (1 Kata yang bermakna beda). Kata hati dalam lirik baris pertama memiliki arti Waspada, sedangkan kata hati pada lirik baris ke dua bermakna organ tubuh (hati). Dan pola homonim pada lirik seperti ini juga diterapkan pada lagu Mulan Jameela – Cinta Mati 2 yang di re-aransemen oleh Dhani.


3. Dewiq
Dewiq adalah musisi wanita yang cukup populer di Indonesia, diaadalah musisi yang tenar cukup hanya dibalik layar. Walau dia sempat mengeluarkan album solo, namun tetap saja masih ada beberapa musisi/pemyamyi lain yang meminta dibuatkan single olehnya. Sebut saja Ussy, Once, Indra Bekti, BCL, T2, dan lainnya. Mereka semua membutuhkan servis Dewiq untuk dibuatkan lagu.



Dewiq memiliki karakter musik yang ada pada liriknya, yaitu penggunaan kata-kata yang gaul atau lagi trend saat ini. Contohnya adalah pada lagu Ussy yang berjudul Klik. Kata klik jarang sekali digunakan sebagai lirik lagu, namun berbeda dengan Dewiq, dia menggunakan kata-kata itu sebagai cara dia menunjukkan warna khas dari lagu ciptaanyaa. Selain itu, kita ambil contoh lagu dari T2 yang berjudul OK. Jarang pula kita temui lirik lagu yang menggunakan kata OK, namun berbeda dengan Dewiq, karakter bermusiknya lagi-lagi muncul dengan menyajikan lirik lagu yang bernuansa gaul dan lagi ngetren. Belum lagi single dia featuring Ipank yang berjudul Bete, seolah-olah menegaskan bahwa inilah karakter bermusiknya.


4. Charly ST12
ST12 bisa dikatakan band baru yang langsung melejit. Dengan beberapa album yang mereka bawakan, band ini sudah menjadi idola baru bagi penggemar musik Indonesia. Charly sebagai pusat dari karya-karya ST12, memiliki kemampuan yang cukup baik dalam membuat lagu. Dengan karakter musik yang berbau Melayu, dia sukses menjadi musisi dengan kemampuan membuat lagu yang easy listening.



Karakter dari musik Charly selain dari nuansa melayu, dia memilki kepekaan sosial yang bagus. Sebut saja beberapa karyanya yang terinspirasi dari seorang bocah kecil bernanma Sinar yang setia merawat ibunya. Fenomena kehidupan itu memicu jiwa musisi Charly untuk menciptaka lagu yang dia nyanyikan bersama anak dan istrinya.

Selain dari lagu diatas, Charly juga bereaksi cepat ketika ada aksis lucu dari Sinta – Jojo di database Yahoo dengan video lipsing Keong Racun. Tanpa pikir panjang, Charly langsung mengaransemen ulang lagu Keong racun yang sempat heboh itu dan dinyanyikan oleh Putri Penelope.
Mungkin, memang seperti itulah karakter yang memang sengaja dibentuk oleh Charly ST12 dan pantaslah dia disebut sebagai musisi Indonesia.


5. Melly Goeslaw
Wanita yang sudah cukup lama bernaung di dunia musik ini pantas jika disebut sebagai Master of Original Sound Track. Rata-rata, lagu yang dibuat oleh istri Antin Hoed ini selalu sukses menjadi OST dari berbagai macam film. Sebagai contoh Film Ada Apa Dengan Cinta, Eifell Im In Love, My Heart, dan lainnya. Semua Film itu mempercayakan sound tracknya agar ditangani oleh Melly dan alhasil, “waw” terbukti meledak film tersebut.



Hingga saat ini, Melly tetap bertahan dengan kemampuannya dalam menciptakan lagu yang cocok buat OST sebuah Film. Namun ini bukan berarti bahwa dia tidak kredibel dalam menciptakan lagu yang tidak berbasis non-OST contohnya: dia berhasil mengantarkan BBB dan beberapa artis seperti Andika Pratama dan lainnya menjadi entertainer yang sempat ngetrend, walau saat ini BBB sedang jarang muncul.




sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006443262/5-pencipta-lagu-terbaik-indonesia/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Flag Counter