UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

Diposting oleh Unknown on Jumat, 09 November 2012


Teknik Dasar Bermain Sepak Bola - Sepak bola adalah salah satu cabang olah raga yang menggunakan bola dan dimainkan oleh dua tim, dengan jumlah masing-masing tim adalah 11 orang. Permainan sepak bola juga disebut-sebut sebagai salah satu cabang olah raga paling populer di dunia, dengan jumlah pemain diperkirakan lebih dari 250 juta orang.
teknik dasar sepak bola

Dalam permainan sepak bola yang berhak untuk menyentuh bola dengan menggunakan tangan hanyalah seorang penjaga gawang yang juga disebut dengan kiper, itupun hanya terbatas pada daerah gawangnya saja. Sementara 10 para pemain lainnya hanya diijinkan menggunakan seluruh bagian tubuh selain tangan, dan umumnya menggunakan kaki untuk menendang bola.
Untuk menentukan tim yang mana menjadi pemenang dalam sebuah pertandingan adalah tim yang mencetak gol lebih banyak diakhir pertandingan. Jika waktu telah usai tetapi jumlah gol masih tetap seimbang antara kedua tim, maka akan dilakukan undian perpanjangan waktu dan juga adu penalti, hal ini tergantung dari format penyelenggara sebuah kejuaraan.

Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

Agar pemain bola dapat bermain dengan baik, maka salah satu hal yang harus dimilikinya adalah teknik bermain sepak bola yang baik dan benar. Seorang pemain yang memiliki teknik dasar bermain sepak bola yang baik tentu akan memiliki teknik bermain yang baik pula dalam permainan sepak bola tersebut.
Adapun teknik dasar bermain sepak bola yang umumnya dimiliki oleh seorang pemain adalah teknik menedang atau kicking, teknik menghentikan atau mengontrol bola (stoping), teknik menggiring (dribbling), teknik menyundul bola (heading), teknik merampas bola (tacling), teknik lemparan kedalam (trow-in) dan teknik menjaga gawang (keeping).
Dari berbagai hal teknik dasar permainan sepak bola yang sudah diungkapkan diatas, maka berikut ini akan dipaparkan penjelasannya satu persatu secara mendetail kepada teman-teman semuanya.

1. Teknik dasar Menendang dalam Sepak Bola

Karateristik utama dalam permainan sepak bola adalah menendang. Adapun sebagai tujuan penting untuk menendang bola adalah untuk mengumpan (passing), dan menembak bola kearah gawang (shoting at the goal). Menelisik trik menendang bola dengan berbagai bagian dari kaki, maka menendang bola dapat dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya yaitu menendang bola dengan kaki sebelah dalam, menendang bola dengan kaki sebelah luar, dan menendang bola dengan punggung kaki.

Menendang dengan kaki bagian dalam.

Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya adalah sebagai berikut :   
  1. Badan menghadap sasaran di belakang bola.   
  2. Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm,   
  3. ujung kaki menghadap sasara, lutut sedikit ditekuk, kaki ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan, setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, (gerakan lanjutan)   
Menendang dengan kaki bagian luar

Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya sebagai berikut:   
  1. Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.   
  2. Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap kedalam.    
  3. Kaki ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan   
  4. Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah – tengah bola    
  5. Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap sasaran.
Menendang dengan punggung kaki

Pada umumnyamenendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting. Analisis gerakanya sebagai berikut:   
  1. Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikitditekuk.   
  2. Kaki berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap kedepan / sasaran.   
  3. Kaki tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.   
  4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepat pada tengah – tengah bola.   
  5. Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah sasaran.
2. Teknik Dasar Menghentikan Bola

Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing. Analisis gerakanya sebagai berikut :   
  1. Posisi badan segaris dengan datangnya bola.   
  2. Kaki tumpu mengarah pada boladengan lutut sedikit ditekut   
  3. Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola   
  4. Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki   
  5. Kaki penghenti mengikuti arah bola.
Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepala apabila memungkinkan.

3. Teknik Dasar Menggiring Bola

Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus – putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan. Dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :   
  1. Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.   
  2. Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya  diayunkan kedepan.   
  3. Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir  kedepan.   
  4. Bola bergulir harus selalu dekatdengan kaki agar bola dapat dikuasai   
  5. Pada waktu menggiring bolakedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola   
  6. Pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

Demikianlah informasi mengenai teknik dasar bermain sepak bola ini kami sampaikan kepada teman-teman. Bagi yang masih bingung dengan penjelasan cara bermain sepak bola diatas, maka teman-teman bisa juga tonton video teknik permainan sepak bola yang bersumber dari situs berbagi video Youtube berikut ini:

Video Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter