UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Planet Air yang Bernama Bumi

Diposting oleh Unknown on Senin, 05 November 2012


Dilihat dari luar angkasa, fitur yang paling mencolok dari planet kita adalah air. Dalam kedua bentuknya, cair dan beku, air menutupi 75% permukaan bumi. Air mengisi langit dengan awan dan air juga berada di mana-mana di Bumi, dari dalam kerak bumi hingga ke dalam sel-sel kita.




Foto rinci dari pandangan Bumi diatas ini, sebagian besar didasarkan pada pengamatan dari Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) di satelit Terra NASA. Secara keseluruhan, air bumi sekitar 1,39 miliar kilometer kubik (331 juta mil kubik), dengan sebagian besar darinya, sekitar 96,5%, berada di lautan global. Adapun sisanya, sekitar 1,7% disimpan dalam icecaps kutub, gletser, dan salju permanen, dan 1,7 % yang lain disimpan dalam tanah, danau, sungai dan tanah.

Hanya seperseribu dari 1% air di bumi ada sebagai uap air di atmosfer. Meskipun jumlahnya kecil, namun uap air memiliki pengaruh besar di planet ini. Uap air adalah gas rumah kaca yang kuat, dan merupakan penggerak utama cuaca dan iklim Bumi seiring perjalanannya di seluruh dunia, uap air menyalurkan panas bersamanya.

Untuk kebutuhan manusia, jumlah air bersih untuk minum dan pertanian sangat penting. Air tawar ada di danau, sungai, air tanah, dan yang membeku seperti salju dan es. Estimasi air tanah sangatlah sulit dibuat, dan mereka sangat bervariasi. Air Tanah mungkin mengandung sekitar 22 sampai 30% air tawar cair, dan sebagian besar sisanya, 78-70% adalah berupa es.

Dan Kami jadikan bumi memancarkan mata air-mata air, maka bertemu- lah air-air itu untuk suatu urusan yang sungguh telah ditetapkan. (QS 54:12)



PERBANDINGAN SELURUH AIR YG ADA DIBUMI DISATUKAN DENGAN BUMI

Menurut Survei Geologi pemerintah AS, semua air di Bumi akan masuk ke dalam gelembung dengan diameter 860 mil. Sekitar 75% permukaan bumi tertutup air - tapi dalam lapisan yang sangat, sangat tipis. Setiap laut, sungai dan danau bawah tanah akan masuk ke dalam apa yang tampak seperti bola biru kecil di sisi planet kita seperti dalam gambar. Lautan menampung sekitar 96,5 % dari semua air bumi.

Air juga ada di atmosfer sebagai awan dan uap air, di danau dan sungai, di icecaps dan gletser, dan dalam makhluk hidup - tetapi semua itu jika dikumpulkan dan dibandingkan dengan bumi, hanya akan seperti bola kecil.

"Sebagian besar air di permukaan bumi, lebih dari 96%, adalah air garam di lautan" kata USGS.

Tetapi sumber air tawar, seperti air di sungai, danau, dan air tanah yang menyediakan kehidupan bagi manusia (dan semua mahluk hidup). Air yang ada di permukaan bumi mudah untuk memvisualisasikannya, dan pandangan kita tentang siklus air mungkin hanya curah hujan mengisi sungai dan danau.

"Tapi, air yang tak terlihat di bawah kaki kita juga sangat penting untuk kehidupan. Bagaimana kita menjelaskan aliran air sungai setelah seminggu tanpa hujan? Jawabannya adalah bahwa ada lebih banyak pasokan air dari sekedar air permukaan, ada juga banyak air di bawah kaki kita.

Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?" (QS 67:30)





Source: NASA & USGS


sumber : http://versesofuniverse.blogspot.com/2012/11/planet-air-yang-bernama-bumi.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter