UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Inilah 5 Minuman Kesehatan yang Khasiatnya Dibesar-besarkan

Diposting oleh Unknown on Senin, 05 November 2012


Saat ini ada berbagai jenis minuman kesehatan yang beredar di pasaran. Klaimnya juga bermacam-macam, mulai mencegah penyakit kanker dan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga memperlancar pencernaan. Benarkah efeknya sebegitu hebat?

Memang tampaknya khasiat minuman-minuman ini terlalu baik untuk dapat dipercayai. Khasiatnya juga seringkali didasarkan pada ramuan tradisional yang dipercaya secara turun temurun, sehingga bisa jadi efeknya memang nyata, atau hanya karena efek plasebo.

Seperti dikutip dari Care2.com, Selasa (6/11/2012), berikut adalah minuman-minuman kesehatan yang diklaim berkhasiat bagi kesehatan:

1. Juice Pomegranate
Minuman ini sebenarnya adalah jus buah delima dan diklaim dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, mencegah beberapa jenis kanker, dan menurunkan kolesterol.

Walau diklaim mengandung antioksidan yang diperkirakan dapat menurunkan kolesterol, ternyata klaim kesehatan buah delima tidak terbukti. Penelitian awal memang menyarankan delima bisa mencegah penyakit jantung dan kanker prostat. Tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

2. Jus Acai Berry
Acai berry adalah buah asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Minuman jus acai berry diklaim dapat menurunkan berat badan, menyehatkan kulit, memperlambat penuaan dan meningkatkan energi. Minuman ini juga diklaim dapat mencegah kanker, penyakit jantung dan menjaga sistem pencernaan.

Layaknya buah delima dan beberapa buah-buahan lainnya, acai berry juga sarat dengan antioksidan. Namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa acai berry lebih berkhasiat dibanding buah-buahan lain yang serupa.

3. Air Kelapa
Air kelapa diklaim dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan sangat bagus diminum setelah berolahraga. Penelitian juga membuktikan bahwa air kelapa sarat akan kalium yang telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem tubuh lainnya.

Namun, ada banyak makanan lain yang juga mengandung kalium, bahkan kandungan nutrisinya mungkin lebih banyak dibanding yang dimliki air kelapa. Klaim mengenai kandungan elektrolit bisa jadi dilebih-lebihkan. Air kelapa belum tentu lebih baik ketimbang air putih biasa untuk diminum setelah berolahraga.

4. Jus Lidah Buaya
Tanaman berdaging tebal ini diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan, serta mempercepat penurunan berat badan.

Nyatanya, tidak ada satupun dari klaim tersebut yang benar-benar terbukti. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini bisa menjadi racun bagi manusia. Beberapa pasien yang menderita penyakit tertentu seharusnya tidak diperbolehkan minum minuman ini.

5. Kombucha
Kombucha adalah teh yang difermentasi dengan cara ditambahkan ragi dan bakteri di dalamnya. Minuman ini konon dapat mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan organ pencernaan dan menurunkan tekanan darah.

Nyatanya, belum ada penelitian laboratorium yang membuktikan khasiatnya. Beberapa penelitian memang ada yang berupaya menyingkap khasiat kesehatannya, tapi hasilnya belum begitu memuaskan. Minuman ini memang mengandung probiotik, bakteri yang terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.



sumber : http://health.detik.com/read/2012/11/06/082817/2082581/763/ini-5-minuman-kesehatan-yang-khasiatnya-dibesar-besarkan?991104topnews

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter