UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


13 Hal yang Dirahasiakan HRD / SDM

Diposting oleh Unknown on Minggu, 11 November 2012


Kadang hal yang paling sulit dalam memperoleh sebuah pekerjaan adalah karena sulitnya melewati tahapan wawancara khususnya bila yang mewawancari kita adalah bagian personalia / HRD.
Namun rupanya saat wawancara, ada rahasia tersembunyi yang perlu diketahui oleh para pencari kerja khususnya yang baru masuk dunia kerja.


Berikut ini 13 hal yang dirahasiakan SDM :
Spoilerfor 1:

"Setelah Anda menganggur lebih dari enam bulan, Anda akan dianggap sulit diterima bekerja. Kami berasumsi bahwa orang lain lebih berpeluang dari Anda, sehingga kami pun tidak mau berurusan dengan Anda." -Cynthia Shapiro, mantan eksekutif divisi SDM.


Dari pernyataan ini, dpt disimpulkan sebaiknya bagi orang yg sudah bekerja sebelumnya utk tidak menganggur terlalu lama. Salah satu PM TS malah menyarankan kalo ingin resign, sebaiknya mencari pekerjaan selagi masih berstatus sbg karyawan dan akan menyelesaikan pekerjaan / project dlm waktu dekat, agar perusahaan yg ingin anda masuki nantinya tidak memandang anda sebagai karyawan "yang dibuang" atau karyawan yang suka main-main.


Spoilerfor 2:

"Dalam hal mengenai mencari pekerjaan, orang yang Anda kenal akan sangat berpengaruh. Tidak peduli seberapa bagus CV Anda atau seberapa hebat pengalaman Anda, semuanya sangat bergantung pada koneksi." -Direktur SDM di fasilitas kesehatan.


Adalah benar dengan adanya orang yang kita kenal di suatu perusahaan akan membantu / memudahkan kita utk masuk dan bergabung dengan perusahaan yg kita ingin masuki. Maka dari itu perbanyak teman, dan jalin relasi sebaik mungkin

Spoilerfor 3:

"Jika Anda mencoba mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan tertentu, sering kali hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk menghindari bagian SDM sepenuhnya. Carilah seseorang di perusahaan tersebut yang Anda kenal, atau hubungi langsung manajer rekrutmen." -Shauna Moerke, administrator SDM di Alabama.


Tidak berbeda jauh dengan point kedua, namun dari pernyataan ini dapat disimpulkan bila anda memiliki teman yg memiliki posisi tinggi / berpengaruh disuatu perusahaan maka bisa saja anda menjadi karyawan diperusahaan trsbut tanpa harus melewati tahapan tes apapun.

Spoilerfor 4:

"Orang mengira seseorang akan membaca surat lamaran mereka. Saya belum pernah membaca satu pun surat lamaran dalam 11 tahun." -Direktur SDM di sebuah perusahaan jasa keuangan.


Surat lamaran kerja hanyalah suatu formalitas belaka yg hampir pasti tidak dilihat / dibaca sama sekali oleh HR. Karena pada intinya yg menjadi penentu suatu orang diterima adlh skill dan kemampuan melewati semua test yg diberikan.

Spoilerfor 5:

"Kami akan menilai Anda berdasarkan alamat email Anda. Terutama jika nama alamat email tersebut merupakan sesuatu yang tidak pantas seperti kinkyboots101@hotmail.com atau johnnylikestodrink@gmail.com." -Rich DeMatteo, konsultan rekrutmen di Philadelphia


Jangan pernah memakai alamat email yang terkesan "lebay". Biasanya bila ada pelamar yg mencantumkan alamat email yg demikian, bisa dipastikan dia ditolak sebelum dipanggil utk tes.

Spoilerfor 6:

"Jika Anda berusia 50-an atau 60-an tahun, jangan menuliskan tahun kelulusan Anda pada CV." -SDM profesional sebuah perusahaan menengah di North Carolina.


TS tidak tau pasti ttg point ke-6 ini, namun biasanya perusahaan-perusahaan di Indonesia bila ingin merekrut seseorang utk posisi strategis lebih bersifat ajakan utk bergabung daripada membuat lowongan di surat kabar.
Tapi bisa saja diartikan, bahwa dengan sedemikian panjangnya pengalaman kerja yg dimiliki, maka tahun kelulusan tidak dibutuhkan lagi.

Spoilerfor 7 dan 8:

Spoilerfor 9:


"Kebanyakan dari kita menggunakan sistem pelacakan para pemohon yang memindai resume berdasarkan kata kuncinya. Rahasia agar resume Anda terjaring oleh sistem tersebut adalah dengan mengambil kata-kata kunci langsung dari deskripsi pekerjaan dan sertakan ke dalam resume. Semakin kata kunci yang cocok, maka akan semakin besar kemungkinan resume Anda akan terpilih dan dapat dilihat oleh petugas perekrutan. " -Chris Ferdinandi, profesional personalia di wilayah Boston.



Biasanya disuatu perusahaan yg akan merekrut karyawan dalam jumlah besar, tentunya akan menarik para pencaker utk memasukkan resume ke email perusahaan. Di point-point sebelumnya sudah disebutkan bahwa surat-surat yg masuk cenderung diabaikan. Karena perusahaan memiliki suatu sistem utk melacak resume yg cocok berdasarkan deskripsi yg dimasukan kedalam sistem. Disini perlu bagi kita mempelajari / mncari tau calon karyawan seperti apa yg diinginkan oleh suatu perusahaan, bisa melalui internet ( mmbaca lowongan yg dipasang ), teman yg bekerja diperusahaan trsebut, berkenalan dngan salah satu karyawan perusahaan trsebut dan menyampaikan maksud mencari tau tipe karyawan seperti apa yg dicari, dll.

Spoilerfor 10:


"Resume tidak perlu diberi warna untuk terlihat menonjol. Ketika saya melihat sedikit warna, saya menyeringai. Dan ketika saya melihat begitu banyak warna, saya merasa ngeri. Saya akan membuangnya dan resume Anda pun tidak akan dilihat lagi sebagai sesuatu yang baik. Itu sebenarnya sedikit menyeramkan. " -Rich DeMatteo



Wah TS kagak kebayang bentuk CV yg masuk kalo ada yg ngasih warna - warna menonjol yg memberi kesan norak. Bisa saja orang yg melakukan demikian akan masuk dlm daftar black list perusahaan.

Spoilerfor 11:


"Sangat mengejutkan ketika orang datang untuk wawancara dan berkata, 'Bisakah Anda ceritakan tentang pekerjaan di sini?" Yang benar saja. Ada yang namanya internet. Carilah di sana. " -Profesional personalia di New York City



Jangan malas utk mencari tau ttg perusahaan yg ingin anda masuki, selain menghindari kemungkinan anda salah masuk dan terkesan "terjebak", ini juga mnjadi point plus bagi anda krna anda dianggap serius utk bergabung.

Spoilerfor 12:


"Banyak manajer tidak ingin mempekerjakan orang yang memiliki anak kecil, dan mereka menggunakan segala macam trik untuk mengetahui hal itu, secara ilegal. Ada personalia yang menyimpan foto dua anak yang lucu di mejanya meskipun ia tidak memiliki anak (berharap calon karyawan akan bertanya tentang mereka). Sementara yang lain biasanya mengantar calon pegawainya berjalan menuju mobilnya untuk mencari tahu apakah mereka memiliki kursi mobil anak-anak." -Cynthia Shapiro



Syukurnya sampe skrg TS blm pernah mndengar kasus pada point ke-12 ini, tapi bisa saja trjadi dengan teknik berbeda.

Spoilerfor 13:


"Apakah akan lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan jika Anda gemuk ? Tentu saja. Para manajer rekrutmen membuat penilaian dengan cepat berdasarkan stereotipe. Para manajer tersebut hanya mengikuti karakter George Clooney di film Up in the Air, yang mengatakan 'Aku seorang yang melakukan stereotipe. Itu lebih cepat.'" -Suzanne Lucas, seorang mantan eksekutif personalia.



Utk beberapa posisi sprti sales, tntunya perusahaan lebih memilih seseorang dengan postur tubuh yg baik / proporsional. Karena harus mencari / mengejar project, menagih pembayaran, melakukan lobi-lobi khusus dll.


Beberapa point - point yang disampaikan, tidak semuanya berlaku di Indonesia, namun setidaknya ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi agan yang ingin mencari kerja diluar negeri.



sumber :http://www.kaskus.co.id/post/508a7c0148ba540c6600001a#post508a7c0148ba540c6600001a

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter