UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Pendaftaran Snmptn Undangan Tahun 2012

Diposting oleh Unknown on Selasa, 10 Januari 2012

Snmptn Jalur Undangan merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang mulai diperkenalkan pada tahun 2011. Karena jalur ini termasuk baru haruslah dilaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi mengenai tata laksana SNMPTN 2012 Jalur Undangan di berbagai daerah di seluruh Indonesia, panitia telah mendapatkan berbagai masukan dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat umum, tentang ketentuan dan persyaratan sekolah dan siswa pelamar SNMPTN 2012 Jalur Undangan sebagaimana tercantum dalam Informasi Awal. Oleh karena itu, panitia telah menyempurnakan ketentuan tentang sekolah dan siswa pelamar Jalur Undangan, sekaligus pemutakhiran informasi mengenai integrasi Program Bantuan Biaya Pendidikan (Bidik Misi), sebagaimana disajikan dalam Blog Informasi informasi Snmptn Jalur Undangan


Silakan para siswa yang merasa tertantang untuk mengikuti Snmptn Jalur Undangan untuk mendapatkan informasi lengkapnya di situs support Snmptn Undangan :

Pendaftaran Snmptn Undangan Wilayah I

Pendaftaran Snmptn Undangan Wilayah II

Pendaftaran Snmptn Undangan Wilayah III

Pendaftaran Snmptn Undangan Wilayah IV

Dasar Hukum Berlakunya Snmptn Jalur Undangan

  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.
  • Hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 4 November 2010, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2011 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2011 akan dilaksanakan melalui (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan.

Seperti tahun 2011, pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini dimulai dengan jalur undangan. Pendaftaran jalur undangan SNMPTN 2012 akan dibuka mulai 1 Februari 2012.

Apa dan bagaimana sih jalur undangan itu? Yuk kita kenalan lebih lanjut.

Jalur undangan SNMPTN dibuka sejak tahun lalu. Mekanisme ini memungkinkan siswa SMA dan yang sederajat 'melamar' ke program studi (prodi) dan perguruan tinggi negeri (PTN) idaman sejak awal.

Yang melamar adalah kepala sekolah tempat siswa tersebut menempuh pendidikan. Satu siswa bisa mendaftar ke dua PTN, dan tiga prodi di setiap PTN.

Ingat ya, urutan prodi dan PTN yang kamu pilih menunjukkan prioritasmu. Jadi, pastikan kamu memilih prodi dan kampus yang memungkinkan untuk kamu tembus.
Pertimbangkan juga faktor passing grade dan rasio antara bangku yang tersedia dengan peminat tiap jurusan. Data ini bisa kamu dapatkan di laman resmo SNMPTN. Intinya, jangan sampai kamu salah pilih.

Seleksi jalur undangan dilakukan dengan melihat nilai rapormu selama masa studi di SMA. Tidak hanya itu, nilai ujian nasional (UN) juga akan menjadi pertimbangan apakah kamu akan lolos seleksi atau tidak. Makanya, giat belajar dan konsisten meraih nilai bagus menjadi kunci keberhasilanmu lulus SNMPTN jalur undangan.

Seperti ujian tulis, pendaftaran jalur undangan juga dilakukan secara online pada 1 Februari-8 Maret 2012, dengan biaya Rp175 ribu. Pendaftaran ini dibuka serentak pada seluruh kampus negeri di Tanah Air.

Pada proses seleksi, panitia SNMPTN akan mengurutkan nilai para pelamar dan mencocokkannya dengan syarat nilai minimal prodi yang dilamarnya.

Seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 9 Maret-15 Mei, sedangkan penentuan siswa yang akan diterima pada 23 - 24 Mei. Sementara pengumuman seleksi pada 25 Mei.

Ingat ya, pendaftaran online ini hanya dibuka sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Jadi, pendaftaran yang telah lewat dari jadwal tidak akan dilayani. Supaya enggak ketinggalan informasi, rajin-rajin deh ngecek laman resmi jalur undangan SNMPTN, http://undangan.snmptn.ac.id, website resmi kampus tujuanmu, atau pengumuman di sekolahmu. Semoga berhasil!

Pendaftaran Snmptn Undangan Tahun 2012

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik direncanakan dibuka mulai 1 Februari 2012.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Agus Wahyudin mengemukakan hal itu, di kampus Sekaran, Kamis (5/1). Informasi awal tersebut diterima dari panitia pusat SNMPTN 2012. Inilah beberapa PTN yang telah menjadwalkan Pendaftaran Snmptn Jalur Undangan Tahun 2012 :

Universitas Negeri Semarang (Unnes)

endaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Unnes melalui jalur undangan akan dibuka pada 1 Februari 2012.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan, pengumuman tersebut berdasarkan draft informasi SNMPTN 2012 yang diterimanya.

Agus menyebutkan, jalur ini merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa adanya ujian tulis maupun keterampilan. “Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat,” kata Agus seperti dilansir dari laman Unnes, Jumat (6/1/2012).

Menurutnya, tujuan dibukanya jalur undangan adalah memberikan kesempatan kepada semua anak bangsa yang berprestasi akademik cemerlang untuk memperoleh pendidikan tinggi. “Selain itu, memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kepala sekolah untuk menjadi bagian dari pelaksanaan seleksi awal di tingkat sekolah,” ujarnya.

Jalur undangan dalam SNMPTN merupakan akses lain bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dilaksanakan sejak SNMPTN 2011 lalu ini dapat membantu pelajar dengan prestasi baik namun mengalami kesulitan dalam masalah keuangan.

Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip)menjadwalkan tanggal 1 Februari 2012 pendaftaran mahasiswa baru jalur undangan. Pendaftaran secara online dibuka hingga 8 Maret 2012 melalui situs http://undangan.snmptn.ac.id. Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso menjelaskan, jalur undangan akan dibuka bersamaan dengan PTN lain untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademis yang baik selama di SMA.

Di Undip, tambahnya, proporsi bagi calon mahasiswa dari Jawa Tengah dan nasional adalah 40-60. Kebijakan ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan berkompetisi secara terbuka bagi semua pelajar yang memiliki kemampuan prestasi akademis baik.

Meski proporsi bagi calon mahasiswa nasional lebih besar dibandingkan mereka yang berasal dari Jawa Tengah, Agus mengimbau agar para pelajar tersebut tidak ragu untuk melakukan pendaftaran.

”Calon mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah tidak perlu ragu dan kecil hati untuk mendaftar di Undip, karena khawatir akan didominasi calon mahasiswa dari luar Jawa Tengah. Kuota untuk mereka sudah kami pertimbangkan," kata Agus seperti dikutip dari situs Undip, Selasa (10/1/2012).

Agus menyebutkan, daripada memusingkan hal tersebut lebih baik para pelajar segera mempersiapkan diri. "Setiap calon mahasiswa yang akan mendaftar sebaiknya mencari informasi tentang jurusan yang akan dipilih serta prospek ke depan sehingga tidak salah pilih,” katanya menjelaskan.

Dia menjelaskan, pendaftaran dibuka sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Jadi, bagi calon mahasiswa yang sudah lewat dari tanggal pendaftaran tidak akan dilayani. Seleksi administrasi jalur undangan Undip akan dilaksanakan pada 9 Maret-15 Mei 2012 dan pengumuman seleksi pada 25 Mei 2012.

Agus berpesan agar calon mahasiswa yang akan mendaftar lewat jalur itu selalu mengikuti perkembangan baik melalui undip.ac.id atau informasi di sekolah masing-masing, karena setiap perkembangan terbaru akan disampaikan ke sekolah.

Selain jalur undangan, saat ini Undip tengah membuka Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) untuk jalur diploma III. Informasi lengkap mengenai seleksi bisa dilihat di pssb.undip.ac.id.

Strategi Snmptn Jalur Undangan

Ingat Salah dalam memilih, bisa gagal.Semua proses dilakukan oleh mesin komputer yang sudah terprogram. Semua berjalan dengan data yang sudah dimasukkan oleh sekolah. Selain itu, penentuan siapa yang akan diterima lewat jalur ini ditentukan oleh Pantukir (Panitia Penentu Akhir) dalam rapat bersama rektor PTN se Indonesia di Kemendiknas Jakarta.

Bisa jadi siswa dengan ranking I di sekolah malah tidak diterima jalur tanpa tes ini, sementara siswa dengan ranking tidak terlalu bagus, malah diterima. Tentu karena prodi pilihannya berbeda.

Pada sistem baru ini siswa bisa memilih dua PTN di antara 60 PTN se Indonesia. Setiap PTN bisa memilih tiga prodi. Tentu pilihan pertama akan menjadi prioritas utama penyaringan. Misalnya pilihan pertama di UNS prodinya Pendidikan Kedokteran, pilihan kedua Teknik, dan pilihan ketiga Pertanian. Maka nilai siswa akan masuk ke saringan pertama bersama pendaftar lainnya di Pendidikan Kedokteran. Jika tidak masuk, baru ke prioritas pilihan kedua, dan seterusnya.

Jika pada PTN pertama tidak masuk semua, baru dimasukkan ke PTN kedua, misalnya Undip. Prosesnya juga sama, disaring pada pilihan pertama dulu di Undip, seterusnya sampai prioritas pilihan prodi ketiga.

Di sini pentingnya harus tahu berapa calon mahasiswa yang diambil lewat jalur undangan ini, di setiap prodi di sebuah PTN. Jangan terlalu memaksa harus memilih prodi tertentu hanya karena senang. Tetapi lihat nilai dan daya tampung.

Melalui laman (website) http://www.undangan.snmptn.ac.id, seluruh PTN akan memajang berapa calon mahasiswa yang diterima. Harap dipertimbankan pula, lanjutnya, pendaftarnya se Indonesia, sehingga harus tepat memilih. Tepat saja masih belum tentu diterima, apalagi asal-asalan. Jadi koordinasi antara siswa, orang tua, guru BP dan kepala sekolah sangat diperlukan. Jangan menyesal kemudian. (Sumber : Kolom Panduan)

Sumber :
www.snmptn2012.com/
www.snmptn.biz/
www.snmptn.ac.id/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter