UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Download file Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI

Diposting oleh Unknown on Selasa, 18 Oktober 2011

Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI merupakan program PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) membagikan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur. Yakni, Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Program yang diberi nama Program Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI ini menyalurkan beasiswa kepada 40 mahasiswa. Beasiswa itu meliputi biaya pendidikan dan bantuan biaya nonpendidikan, berupa biaya hidup, biaya transportasi, asuransi kesehatan, dan bantuan pengadaan laptop dari Bank BRI. Total bantuan beasiswa dari Bank BRI ini bernilai sekitar Rp 8 miliar. Keempat puluh remaja yang mendapat beasiswa merupakan siswa yang sudah lolos SNMPTN dan seleksi penerimaan untuk beasiswa.


Download file Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI

File Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI : Download
Form Pendaftaran : Download

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama Bank BRI menandatangani kerjasama mengenai program beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI di Jakarta, Selasa (31/5/2010).

Penandatanganan dilakukan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhamad Nuh dan Direktur Utama Bank BRI Sofyan Basyir.
Program beasiswa ini bertujuan memberikan beasiswa kepada mahasiswa daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur.

Menurut Sofyan Basyir pada tahun 2011 terdapat alokasi anggaran sebanyak 40 mahasiswa dan mahasiswi. Adapun bentuk kerjasama dimaksud adalah adanya alokasi anggaran dari Kemdiknas kepada para mahasiswa berupa biaya pendidikan dan bantuan biaya non pendidikan berupa biaya hidup, biaya transportasi, asuransi pendidikan, dan bantuan pengadaan laptop dari Bank BRI.

Calon penerima beasiswa merupakan penduduk asli yang berdomisili di Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, dan NTT serta sudah lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Dari beberapa kandidat penerima beasiswa, peserta yang telah lulus tes seleksi harus mau menjalani masa pendidikan di perguruan tinggi di pulau Jawa.

Adapun perguruan tinggi dimaksud adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Institut Sepuluh November, Institut Tekhnologi Bandung, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Sebelas Maret.

Mengenai bidang ilmu yang ditawarkan yakni sesuai dengan minat dan bakat masing-masing penerima beasiswa.
Kerjasama antara Kemdiknas dengan Bank BRI ini merupakan konsolidasi kesamaan tujuan dan komitmen untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa.

Proses penerimaan calon penerima beasiswa, proses seleksi, dan proses pemberian beasiswa akan dilakukan bersama, transparan, dan dengan akuntabilitas kinerja yang baik.

Gagasan program ini muncul dari pengalaman BRI mengunjungi daerah-daerah terpencil. Banyak putra-putri daerah terpencil tersebut kalah bersaing dengan anak Indonesia dari daerah lainnya. Oleh karena itu, melalui program beasiswa Nusantara Cerdas, BRI mencoba memajukan kualitas pendidikan mereka.

Dengan proses seleksi bersama ini diharapkan sistem pemberian beasiswa bisa lebih terkontrol dan terlaksana secara profesional.
Menurut Mendiknas saat ini baru sekitar 24 persen pemuda dan pemudi mengenyam pendidikan di perguruan tinggi untuk usia 19-23 tahun.

Artinya 76 persen yang belum kesempatan masuk perguruan tinggi. Setelah dipelajari mereka tidak masuk ke perguruan tinggi karena tidak terjangkau dari sisi biaya (Mendiknas).


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter