UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Curhatan Seorang Biker bermotor jadul…

Diposting oleh Unknown on Minggu, 02 September 2012

saya berpikir panjang, hampir sebagian besar kecelakaan yang Saya alami adalah bukan dari keteledoran Saya semata. Melainkan dari pengguna jalan lainnya.
Spoiler for :

Mulai dari orang yang buang abu rokok sembarangan dari kaca jendela mobilnya dan abunya masuk ke dalem helm, lantas Saya kaget dan mendarat dengan sukses di trotoar…
Lalu waktu Saya mau belok kanan dan tiba2 ada motor yang mau nyalip Saya dari kanan juga (padahal Saya dah nyalain sein kanan), alhasil rider penyalip tersebut sukses terlempar dengan kecepatan kira2 60kpj dan Saya sendiri pun ikut terseret bersama rider itu…
Pernah juga waktu Saya mau nyalip truk dari sisi kanan tiba2 ada ALAY dari arah berlawanan ngambil jalur Saya (saya masih ada di jalur yang benar) langsung nyenggol stang dan Saya sukses mendarat pas di belakang roda truk. Sedangkan ALAY yang nyenggol mah udah ga tau pergi ke mana…


Oleh karena itu Saya hanya ingin memberi sedikit curahan hati untuk rider agar tetap waspada di perjalanan.


1. Ngaca dulu, Kita pantes bawa motor atau belum?

Maksudnya gini, apakah riding skill Kita cukup mumpuni untuk membawa motor ke jalan raya atau belum?
Spoiler for ngaca:

Kalau masih suka gas rem - gas rem mendadak, dan asal lari kenceng mending lancarin dulu di lapangan.
Kalau suka ngebut2 ga jelas, mending ke sirkuit aja sana… ini jalan umum Boy…
Kalau suka bleyer2 / geber2 gas ga jelas, coba cek setelan gas di otaknya siapa tau otaknya disetel bloon.
Kalau suka seruntulan macem Alay, coba cek otaknya masi ada atau sudah kisut. (model kayak gini tuh Saya paling gedeg, rasanya kalo ketemu pengen tak hajar pake kunci inggris biar otaknya bisa encer lagi)

Spoiler for alay:


2. Selesaikan segala macam urusan sebelum Kita berkendara.

Kalau mau kencing/boker ya mending kencing/boker dulu di rumah, biar nyaman dan santai bawa motornya.
Kalau mau dengerin musik ya dengerin di rumah aja, jangan pake headset sambil bawa motor.
Emang Lo kate mau ke disko?
Kalo ada masalah sama orang rumah jangan dibawa2 ke jalan, selesain dulu di rumah.
Spoiler for :


3. Persiapkanlah Diri Kita untuk Jatuh

Lho kok malah optimis jatuh?
Bentar2, maksudnya gini…
Pada saat di jalan raya, Kita ga tau kejadian apa yang akan menimpa Kita (amit2 deh jangan sampe kenapa2). Kita perlu meminimalisir benturan waktu Kita jatuh minimal dengan menggunakan aksesoris seperti ini, yaitu:
Spoiler for aksesoris:

menempatkan helm pada tempatnya (di kepala), Saya ngerti Anda berwajah ganteng / cantik, tapi Anda gak mau kan kalo mukanya besot2 kena aspal gara2 saking Pedenya ga pake helm?
Yah minimal helm half face juga cukup mumpuni kok, yang penting jangan helm cetok.
Buat cewek2 neh… Saya ngerti Anda sexy, tapi apa Anda rela kalau paha mulus Anda besot2 kena aspal karena Anda pakai celana hotpants super pendek dan ketat?
menggunakan pelindung lutut dan siku (murah kok, yang standar cuma 85ribuan), pakai sepatu jangan pakai sendal jepit.
Atau mau yang lebih lengkap lagi, bisa pakai pakaian khusus buat riding, pakai sarung tangan, sepatu khusus untuk riding.
Jangan lupa pakai masker biar paru2 tetap terjaga dari polusi udara.
ga lucu kan, ganteng2 kok bengek?

Spoiler for armor protector:


Spoiler for mau riding atau pameran paha?:




4. Persiapkan kendaraan dalam keadaan yang optimal;

Spoiler for cek first:

- periksa fungsi rem,
- fungsi shok breaker,
- ketebalan ban, pelek,
- stang, komstir,
- panel2 headlight dan stoplamp,
- cek bensin masih ada atau tinggal sedikit,
- keseimbangan motor
- headlamp apakah masih terang sempurna atau redup?
- dan apakah spion masih duduk manis di stang?.
- Bahkan kalau perlu periksa juga keadaan oli mesin apakah sudah menguap atau masih layak pakai.

Sangat mungkin bila persyaratan2 di atas turut serta berpengaruh dalam keselamatan anda selama di jalan.
Spoiler for akibatnya:

Bisa saja, motor menjadi oleng sendiri karena komstir sudah oblak.
Atau tiba2 ada motor nyelonong nabrak pantat motor kita karena lampu rem kita mati.
Atau bisa saja mesin tiba2 mati karena kerusakan mesin / kehabisan bensin, padahal di belakang ada mobil / motor yang juga melaju kencang… Silakan di bayangkan sendiri endingnya. :

Spoiler for :




5. Defensive Riding

Yang menggunakan jalan bukan kita saja, tapi pejalan kaki, tukang somay, tukang abu gosok, tukang bakso, supir2 dan rider lain juga menggunakan jalan yang sama.
Budayakan sifat toleransi selama di jalan raya, berkendara dengan tenang, ga perlu grusak grusuk…
Kalo ada tukang bakso nutupin jalan ga usah bentak2, cukup bilang “misi Pak numpang lewat”…
Kan enak dengernya… daripada teriak “woi minggir Woi…!!!”
Ga perlu bleyer2 gas kalo di depannya ada motor jalan pelan2 padahal emang lagi macet, emang gasnya ga bisa langsam? Mau lancar terbang aja sana…
Slow but sure aja lah…
Spoiler for :


6. Perhatikan Blind Spot atau titik buta Anda.

ilustrasinya begini :
Pada saat motor Kita sejajar dengan posisi tepat dengan roda belakang motor lain itulah blind spot, karena pantulan bayangan situasi pada kaca spion terhalang oleh bayangan lengan kita sendiri.
Spoiler for tips blind spot:

· Usahakan untuk tidak berada di samping mobil/truk/bus, karena besar kemungkinan si pengendara motor / mobil / bus / truk tidak melihat keberadaan Anda.
· Bunyikan klakson dan dim-kan lampu utama pada saat mendahului mobil/truk/bus agar pengemudi motor / mobil / bus / truk mengetahui Anda berada di dekatnya.
· Jangan pernah beranggapan bahwa pengemudi motor / mobil / truk / bus mengetahui keberadaan Anda.
· Gunakanlah blind spot miror untuk meminimalisir terjadinya blind spot area.

Spoiler for ngopy dari saft7.com, dsb2:


Mobil merah ada dalam posisi blindspot

Mobil merah ada dalam posisi blindspot

Motor merah ada di area blindspot

Jaga jarak dengan kendaraan di samping


7. Waspada saat bermanuver di tikungan tajam.

bisa saja tiba2 ada rider dari arah lawan yang terlalu melebar menikung sehingga memakan sebagian jalur Anda.
Atau malah ada rider lain di belakang Anda dengan PeDenya nyalip dari sisi dalam tikungan.
Caranya, sambil mengendurkan gas sambil tekan pedal rem seperempat tekanan dan lihat spion untuk berjaga2 bila tiba2 ada rider lain yang memakan jalur Anda.
Bila Anda melaju di malam hari, dim-kan lampu utama dan klakson 2 kali agar (minimal) pengendara dari arah lawan mengetahui keberadaan Anda.
Spoiler for waspada di tikungan:






nyambung ke part 1 yaa



sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14589424

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter