UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Jenis-Jenis Pistol

Diposkan oleh zuf arshoq on Sabtu, 08 September 2012


Ini seri baru di MBDC, tentang pengetahuan umum yang siapa tahu bakal berguna untuk kehidupan kamu. Kenapa pistol yang pertama kali pengen kita bahas? Ya kenapa gak? Siapa yang tahu kan besok kamu akan bertemu siapa dan pada akhirnya berakhir dimana? Ya gitu lah pokoknya. Ehm nah jadi,
Pistol seringkali dianggap sebagai senjata kelas dua dalam hal kekuatan bila dibandingkan dengan senjata jenis laras panjang. Misalkan kamu lagi duel berhadapan, musuh kamu pegang pistol sementara kamu pegang senapan mesin otomatis AK-47, pasti kamu bakalan senyum jumawa meremehkan. Jangan salah dulu, sesungguhnya kekuatan pistol tidak jauh berbeda dengan senjata laras panjang. Keduanya hanya dibedakan oleh jenis situasi adu-tembak saat mereka digunakan, apakah itu jarak jauh atau jarak dekat. Senapan laras panjang lebih diuntungkan dalam situasi adu-tembak jarak jauh karena kemampuan akurasi mereka yang bisa mencapai jarak yang jauh, sementara keringkasan dari pistol membuatnya lebih mematikan dalam situasi adu-tembak jarak dekat. Jadi kalau kamu mau berduel di kamar kosan doang mah ngapain repot-repot bawa senapan M16 yang beratnya 4kg.
Ada banyak jenis pistol yang beredar, dan masing-masing kemudian dapat dijabarkan ke kategori yang lebih spesifik lagi, akan tetapi lima kategori berikut adalah yang paling umum dan kebetulan sedikit sesuai dengan urutan waktu sejarah pembuatan masing-masing jenis:

Single-Shots Pistols

Pistol berjenis ini hanya bisa menembakkan peluru sekali saja, kamu harus melakukan isi ulang sebelum menembak kembali. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan tembakan pertama tersebut, karena belum tentu ada kesempatan kedua ketika musuh kamu menerjang. Pistol jenis ini juga merupakan jenis pistol yang pertama kali berkembang sejak pertama kali digunakannya mesiu. Salah satu pistol tertua dari Dinasti Yuan di China adalah juga merupakan pistol jenis Single-Shot yang bentuknya mirip dengan meriam berukuran mini. Pistol jenis ini bahkan juga digunakan pada pertempuran pedang. Di era kolonialisme, para penjelajah memiliki pistol ini dalam persenjataan mereka. Kalau kamu perhatikan, Kapten Jack Sparrow, dia pake pistol jenis ini.

Pistol Laras Ganda

Karena orang kemudian mencari-cari cara untuk dapat menembak secara beruntun lebih dari sekali (dan supaya gak keliatan tolol ketika tembakan pertama meleset) maka dikembangkanlah senjata berlaras ganda. Secara umum, senjata laras ganda adalah senjata yang memiliki dua laras berdampingan (atau terkadang lebih) yang masing-masing larasnya tersebut sudah terisi peluru dan siap ditembakan. Walaupun pistol jenis ini walaupun tidak lama masa penggunaannya dikarenakan kemunculan pistol revolver, namun cukup banyak dipakai menggantikan pistol sebelumnya.

Revolver

Kalau kamu baca Lucky Luke, menonton serial The Magnificent Seven, atau senang mendengarkan musik country dari Tantowi Yahya, dan cukup akrab dengan tema koboi, maka kamu harusnya tahu yang satu ini: pistol revolver. Setelah senjata laras ganda, para perakit senjata akhirnya menemukan bentuk senjata yang dapat menembak banyak peluru secara beruntun. Dengan menggunakan silinder berisi peluru yang otomatis berputar setelah senjata tersebut ditembakan, revolver dapat menembakan 5-8 peluru tergantung kapasitas silinder tersebut. Pistol ini sangat luas penggunaannya di abad ke-19 bersamaan dengan berkembangnya Amerika, dan hingga kini pistol revolver pun masih memiliki penggemarnya sendiri karena teknologinya tidak lantas termakan zaman oleh kemunculan pistol-pistol baru, karena somehow kalau nenteng pistol ini di pinggang, kejantanan seakan naik berkali lipat (naik sekitar 10 kali lipat lah � red). Kamu akan terlihat seperti Clint Eastwood atau John Wayne. Apalagi kalau kamu bisa menembak lebih cepat dari bayangan kamu sendiri.

Pistol Semi-Automatic

Pistol semi-automatic adalah pengembangan berikutnya dari pistol revolver, dengan konsep yang sama yakni pistol yang terkokang secara otomatis setelah tembakan sebelumnya, namun dengan mekanisme yang berbeda. Pistol jenis ini telah menjadi senjata utama bagi berbagai kesatuan polisi dan senjata sampingan bagi para tentara, kecuali mungkin para polisi CHIPS yang masih menggunakan revolver mereka. Eh pada tahu CHIPS kan ya? Bukan, bukan ciki. Hah? Apa? Kentang goreng? Aduh.

Pistol Jenis Lainnya

Perkembangan senjata kemudian menghasilkan bentuk-bentuk senjata yang sulit dimasukan ke dalam kategori pistol secara sederhana, namun juga bukan merupakan senapan laras panjang. Biasanya hal itu diakibatkan oleh mekanismenya yang terlalu canggih dan otomatis mendekati mekanisme senapan, atau bentuknya yang terlalu besar dan berat, seperti misalnya pistol tipe Uzi yang gak mungkin bisa kamu selipin di balik celana.

Pistol Mainan

Teah. Serius dong. Artikelnya serius nih.
Yak segitu dulu deh ya, namanya juga pembukaan. Artikel berikutnya baru akan kita bahas nama-nama para pistol ternama. Yaudah deh biar gak manyun nih kita kasih bonus pengetahuan tentang peluru. Komen dong biar asik.




{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Flag Counter