UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Konsep Jalan Raya "Cerdas" Asal Belanda

Diposkan oleh zuf arshoq on Jumat, 02 November 2012


Berfokus pada jalan raya, bukan pada kendaraan yang melaju di sana.






VIVAnews - Kemajuan teknologi berlalu lintas selama ini lebih terkonsentrasi pada kendaraan yang dipakai pengemudi. Atau paling banter, mempercanggih rambu-rambu lalu lintas dan menambahkan kamera pengintai.

Namun, sebuah firma di Belanda punya pemikiran revolusioner. Caranya, menciptakan jalan raya yang pintar, "Smart Highways".

Konsep aspal jalan yang bersinar dalam gelap, bahkan suatu saat nanti bisa digunakan untuk mengisi energi mobil listrik akan mulai diperkenalkan di Belanda tahun depan.
"Smart Highways" baru terkuak minggu lalu di ajang Dutch Design Week, menggunakan teknologi jalan raya terbaru. Perancangnya mengklaim, teknologinya itu, 'lebih berkelanjutan, aman, dan intuitif." Demikian seperti dilansir Daily Mail.

Perusahaan di balik proyek tersebut juga mengatakan, tujuan mereka adalah untuk menawarkan alternatif teknologi transportasi, dengan fokus pada jalan raya, alih-alih kendaraan yang menggunakannya.

Di antara yang paling ambisius adalah ide jalan di masa depan yang menyediakan jalur khusus yang memungkinkan para pengemudi mobil listrik mengisi energi kendaraannya saat melaju di jalur tersebut.

Spoilerfor track pengisian baterai:


electric priority lane


Gagasan lain adalah dengan menerangi jalanan dengan lampu hemat energi yang akan bersinar secara gradual ketika kendaraan mendekat, lalu berangsur mati secara otomatis ketika kendaraan telah melaju.

Spoilerfor lampu jalan:


Jadi lampu hemat energi gan. kalao gak ada kendaraan lampu itu mati, trus kalo ada y mendekat lampunya menyala secara gradiasi (agak terang - terang), trus klo kendaraannya udah lewat, lampunya mati. klo lagi rame brarrti nyala terus


Mewujudkan ide-ide itu masih butuh waktu beberapa tahun, namun tahun depan, marka jalan di Belanda akan dibuat dengan cat yang dibuat dari bubuk photo-luminescent yang bisa menyimpan energi matahari yang bisa digunakan untuk menerangi jalan selama lebih dari 10 jam kala gelap.

Teknologi lain yang akan diimplementasikan tahun depan adalah cat yang responsif terhadap temperatur. Jalan raya akan menampakkan pola kristal es yang bisa dilihat pengemudi saat cuaca dingin membuat jalanan lincin.
Spoilerfor indikator jalan:


Ada indikatornya gan, klo jalan licin ada gambar kristal esnya.


Ide yang dikembangkan perusahaan Belanda, Roosegaarde and Heijmans Infrastructure telah diganjar penghargaan 'Best Future Concept' dalam ajang Dutch Design Awards.

Namun, meski konsep telah dipaparkan. Belum jelas bagaimana cara kerja jalur khusus yang bisa otomatis mengisi batere mobil listrik saat ia melaju di atasnya. (umi)


wah keren gan , sebuah inovasi yang menarik. mengubah cara berpikir y tadinya berfokus pada kendaraan, iini malah berfokus pada jalan.
ane sih ngebayanginnya ini diterapkan di jalan tol.


sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/508f91521dd719c45800000c

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Flag Counter