UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Pajak Moge Melebihi Harga Motornya

Diposting oleh Unknown on Rabu, 10 Oktober 2012




Pasar motor besar di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang. Indonesia bisa saja perlahan mengalahkan Thailand, asal pajak untuk motor besar bisa dikurangi. Jika ditotal-total untuk pajaknya saja, bisa lebih mahal dari harga motornya.


Presiden Direktur Ducati Indonesia Agustus Sani Nugroho menjelaskan kalau kelemahan utama yang membuat pasar motor besar di Indonesia terus mengalami kesulitan adalah di faktor pajak.


“Thailand penjualan moge melonjak, karena pajak di sana rendah, kalau di sini, pajak kita tinggi sekali,” ungkapnya.


Nugroho lalu menjelaskan kalau kini sudah ada beberapa model Ducati yang diproduksi di pabrik di Thailand, tapi, meski sudah memanfaatkan perjanjian perdagangan bebas antar negara ASEAN (AFTA), tetap saja harga moge sulit untuk diturunkan.


“Kalau pakai perjanjian perdagangan bebas memang pajak masuk bisa minim, tapi kan di samping itu ada banyak pajak lain. Ada PPN, PPnBM, PKB, kalau di total-total malah bisa melebihi harga motornya. Di luar, Monster dijual sekitar US$ 13.000, itu kan sekitar Rp 120 jutaan, nah kita jual disini lebih dari Rp 200 juta karena banyak pajak,” akunya.


Ducati sendiri di Indonesia ditargetkan akan mampu melepas 500 motor Ducati di Indonesia pada tahun ini. “Dan hingga kemarin, sudah sekitar 370an motor yang terjual,” tandasnya.


Keluhan terkait pajak motor berkapasitas besar tercatat juga pernah diutarakan oleh Kawasaki. Direktur Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Mitsuhiko Okada menuturkan kalau pajak masuk untuk motor-motor berkapasitas mesin besar ke Indonesia sangatlah besar.


Padahal kalau pajak ini diturunkan, dirinya yakin Indonesia akan booming moge.


“Hitungannya, ZX-6 yang sekarang Rp 220 jutaan bisa kita jual Rp 120 juta kalau PPnBM tidak ada,” lugas ketika peluncuran New Kawasaki Ninja 250.


Okada berharap jika pemain motor besar banyak di Indonesia, siapa tahu pajak ini bisa diturunkan.

Untuk itu, dia berharap pemain-pemain besar seperti Yamaha dan Honda jangan terus main di motor kecil, tapi juga sudah memilikirkan untuk bermain di motor berkapasitas mesin besar.


“Saya selalu ngomong, ayo Honda, ayo Yamaha, bawa motor besar. Kalau banyak yang main kan kita bisa tekan bersama-sama,”


sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16866775

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter