UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Kantor

Diposting oleh Unknown on Kamis, 11 Oktober 2012


Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Kantor




Gerakan 'Go Green' kini marak dilakukan di berbagai negara sebagai bentuk penyelamatan bumi dari kerusakan lingkungan akibat pemanasan global. Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk turut menjaga dan melestarikan Bumi.
Karena kita menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, menjalankan gaya hidup ramah lingkungan di kantor merupakan salah satu bentuk kepedulian. Ini juga memberikan dampak luas bagi pelestarian alam. Berikut ini langkah mudah memulai gaya hidup ramah lingkungan di tempat kerja


Matikan Komputer Saat Tidak Menggunakannya


Meminimalisir penggunaan komputer bisa Anda terapkan. Matikanlah komputer kantor (dalam posisi shut down) ketika tidak menggunakannya, misalnya saat Anda keluar untuk makan siang. Ini akan membantu menghemat energi. Setiap kali Anda pulang, jangan lupa juga untuk mencabut kabel listrik komputer. Jika posisi komputer masih 'standby' ini masih akan menyerap energi listrik.


Mendengarkan Musik dengan Earphone


Apabila Anda gemar mendengarkan musik dari komputer, sebaiknya gunakanlah earphone. Ini akan lebih hemat dibanding memakai speaker yang mengeluarkan suara. Jika Anda meninggalkan meja kerja, pastikan musik di komputer telah mati.

Menghemat Penggunaan Tinta Printer


Tentunya di kantor Anda selalu menggunakan tinta printer untuk mencetak berbagai macam dokumen pekerjaan. Sebisa mungkin, hindarilah penggunaan tinta printer yang berwarna. Apabila tinta sudah habis, jangan lupa untuk membeli tinta dan toner yang didaur ulang.


Penghematan Kertas


Gunakanlah kertas bekas untuk keperluan fotokopi dan pakailah potongan-potongan kertas sebagai pengganti note. Untuk keperluan internal kantor, sebaiknya gunakanlah kembali amplop bekas. Apabila Anda berniat untuk memberikan pengumuman kepada karyawan lainnya di tempat kerja, manfaatkanlah email kantor ketimbang harus mengkopi berlembar-lembar kertas pengumuman untuk dibagikan satu per satu.


Matikan Listrik


Matikanlah listrik di ruangan-ruangan tertentu yang tidak selalu digunakan, misalnya gudang, kamar mandi dan pantry. Apabila ruangan kerja Anda memiliki jendela yang cukup besar, manfaatkanlah pantulan sinar matahari dari jendela kaca sebagai sumber penerangan.


Atur Temperatur Ruangan


Tak sedikit karyawan harus mengenakan jaket di dalam ruangan ber-AC. Padahal tujuan dari AC tersebut untuk mengatur suhu ruangan agar menjadi kondusif untuk bekerja. Semakin rendah suhu ruangan, maka semakin besar energi yang akan dibutuhkan. Jadi sebaiknya aturlah suhu ruangan agar sesuai dengan kenyamanan kerja Anda.


Menyediakan Tanaman


Sediakanlah tanaman pohon atau bunga di ruang kerja. Pastikan juga tanaman tersebut disiram dan dirawat secara rutin, sehingga bisa tumbuh dan memberikan oksigen bagi Anda.


Naik Sepeda ke Kantor


Jika jarak kantor dan rumah Anda terbilang dekat, tak ada salahnya Anda berjalan kaki atau naik sepeda saat ke kantor. Apabila harus naik kendaraan pribadi, pastikan kendaraan yang digunakan hemat bahan bakar minyak (BBM) dan minim polusi. Kendaraan yang terawat dapat menghemat BBM.


sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15896647

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter