UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Jangan Jadi Alasan! Masuk Pagi Itu Justru Kesempatan untuk Olahraga

Diposting oleh Unknown on Kamis, 11 Oktober 2012


Olahraga di pagi hari banyak manfaatnya, namun banyak yang tidak bisa melakukan karena dapat giliran masuk pagi. Jangan jadi alasan, datang ke kantor lebih awal dari yang lain itu justru kesempatan untuk olahraga. Bagaimana caranya?

Ketika belum banyak orang lalu lalang, suasana kantor yang sepi di pagi hari sangat mendukung untuk olahraga. Tidak akan ada yang memperhatikan kalau mau melakukan push up di lantai, lari-lari menuju pantry atau naik turun meja yang tidak terlalu tinggi.

Memang, peralatan untuk olahraga yang tersedia di kantor tidak selengkap pusat-pusat kebugaran. Tapi siapa bilang olahraga harus pakai alat? Gunakan saja celah meja untuk mengganjal kaki saat sit up, atau tumbler dan botol minum sebagai pengganti dumbel untuk angkat beban.

http://www.angrytrainerfitness.com/wp-content/uploads/2012/06/morning-fitness.jpg

Kalau memungkinkan untuk membawa sedikit peralatan tambahan, berikut ini adalah beberapa inspirasi gerakan olahraga bisa dicoba di kantor saat mendapat giliran masuk kerja pagi-pagi buta seperti dikutip dari About.com, Jumat (12/10/2012).

1. Ganti kursi dengan bola fitness
Hanya dengan duduk di atas bola fitness, otot perut dan punggung akan berkontraksi untuk menjaga postur tubuh tetap tegak. Sesekali, rebahkan diri di atas bola tersebut dan lakukan gerakan sit up atau crunch untuk lebih mengencangkan perut.

2. Pasang alarm peringatan untuk bergerak
Minimal sejam sekali, tubuh harus digerakkan. Pasang alarm untuk mengingatkan jadwal tersebut, lalu patuhi meski hanya dengan meregangkan tangan atau berdiri selama beberapa detik saja. Itu sudah lebih baik dibandingkan berjam-jam tidak bergerak.

3. Selalu pakai toilet terjauh yang ada di kantor
Untuk memaksimalkan aktivitas fisik, jangan gunakan toilet terdekat. Kalau perlu, pergilah ke lantai paling atas untuk buang air kecil dan jangan lupa pakai tangga, bukan lift.

4. Pasang pedometer
Alat kecil ini berguna untuk menghitung langkah kaki. Saat pergi ke pantry atau buang air kecil di toilet terjauh, aktifkan pedometer lalu buatlah target untuk berjalan kaki sebanyak 6.000 hingga 10.000 langkah dalam sehari.

5. Pura-pura pikun
Saat datang ke kantor, jangan langsung membawa semua barang ke ruang kerja. Tinggalkan sebagian di mobil, lalu ambil lagi satu persatu saat dibutuhkan. Jangan lupa, gunakan tangga untuk turun ke parkiran dan jangan menggunakan lift.

6. Parkir di gedung sebelah
Sesekali cobalah untuk menerapkan pola pikir seperti sopir angkot, yakni kejar setoran. Jika target berjalan kaki sebanyak 6.000 hingga 10.000 sulit dipenuhi dalam sehari, hindari parkir di basement dan cobalah parkir di gedung sebelah. Minimal dengan menyeberang jalan, pencapaian target jadi lebih mudah.

7. Kurangi kirim email untuk rekan sekantor
Teknologi instant messenger, email dan sejenisnya adalah salah satu penyebab orang malas bergerak. Jika yang dikirimi pesan masih berada dalam satu gedung, kenapa tidak didatangi langsung saja? Ini akan menambah jumlah langkah dalam sehari dan tentunya itu lebih menyehatkan.


sumber :http://health.detik.com/read/2012/10/12/070232/2060789/766/jangan-jadi-alasan-masuk-pagi-itu-justru-kesempatan-untuk-olahraga?ltfirst

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter