UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Ikan-Ikan Fosil Yang Masih Hidup

Diposting oleh Unknown on Selasa, 23 Oktober 2012



Ikan-ikan ini adalah ikan-ikan yg pernah hidup di jaman pra sejarah dan berhasil bertahan hingga saat ini tanpa banyak perubahan pada penampilan mereka, sehingga mereka masih mirip dengan fosil-fosil nenek moyang mereka ....



  Polypterus Senegalus
Ikan afrika ini sering disebut "belut dinosaurus", karena penampilannya yang mirip reptil dan sirip punggung bergerigi, mengingatkan punggung berduri beberapa dinosaurus '. Mereka bukanlah belut, tetapi masuk dalam famili Bichir. Bichirs sudah ada sejak jaman Kapur (Cretaceous), sehingga julukan "dinosaurus" bagi mereka mereka sebenarnya cocok. Meskipun sering dijual sebagai hewan peliharaan yang eksotis, ikan ini cenderung melarikan diri dari akuarium mereka. Mereka dapat bertahan hidup keluar dari air untuk jangka waktu yang lama asalkan kulit mereka tetap basah, yang memungkinkan mereka untuk mengembara jauh dari akuarium mereka.



Alligator Gar 
Ikan pemangsa yang tangguh dan tebal ini, dapat ditemukan di selatan AS serta di utara dan timur Meksiko, ini adalah ikan air tawar terbesar di Amerika Utara (meskipun kadang-kadang mengembara ke laut). Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang  4 meter dan berat hingga 200 kg. Sering disebut dengan nama Gator Gars karena penampilan reptil dan rahangnya panjang, dipersenjatai dengan dua deretan gigi yang tajam. Mereka adalah predator penyerang yang rakus dan sering menggigit manusia, meskipun tidak ada kematian karena gigitannya. dikonfirmasi karena gars buaya telah tercatat sampai saat ini. Ikan ini termasuk salah satu ikan yang tertua hidup hari ini, dan asal mereka dapat ditelusuri pada periode Cretaceous.




Sawfish
Hewan yang ini hampir punah ini adalah salah satu ikan yang bertahan dari periode Cretaceous, dan dapat ditemukan baik di air asin atau dalam sungai dan anak sungai, dan telah ditemukan hingga 100 km jauh di pedalaman. Dengan Panjang bisa mencapai 7 meter, sawfish mungkin terlihat seperti hiu. "Gergaji" mereka berfungsi sebagai senjata sekaligus organ sensorik, yang mempunyai pori-pori elektro-sensitif yang memungkinkan mereka untuk mencari mangsanya karena penglihatan mereka yang rabun. Meskipun biasanya kalem, sawfish dapat menjadi sangat berbahaya jika diprovokasi. Dari fosil yang pernah ditemukan, diketahui bahwa sawfish prehistorik adalah makanan dari spinosaurus, dinosaurus karnivora terbesar, karena nenek moyang sawfish ditemukan terselip diantara gigi dinosaurus tersebut.




Coelacanth
Coelacanth adalah yang paling terkenal dari semua "fosil hidup" dan layak untuk menjadi namor satu 1 dalam daftar ini, karena ini adalah contoh terbaik dari "takson Lazarus", ini adalah, hewan yang seharusnya lama punah dan tak terduga ditemukan masih hidup. Coelacanth seharusnya telah punah pada periode Kapur, bersama dengan dinosaurus, namun pada tahun 1938, sebuah spesimen hidup tertangkap di Afrika Selatan. Sejak itu, lebih banyak spesimen yang terlihat dan difoto, dan spesies Coelacanth yang kedua bahkan ditemukan di Indonesia pada tahun 1999. Coelacanth adalah predator besar, bisa mencapai panjang 2 meter, mereka memakan ikan yang lebih kecil, termasuk hiu kecil, dan biasanya ditemukan di dalam, perairan dalam yang gelap. Meskipun jarang ditangkap dan dikonsumsi karena rasanya tidak enak, coelacanth saat ini terancam punah.




Frilled Shark
Predator laut dalam, salah satu hiu yang paling primitif yang hidup sampai sekarang, adalah peninggalan dari periode Cretaceous, yaitu ketika dinosaurus menguasai Bumi. Jarang terlihat hidup, dan hanya baru-baru ini difilmkan untuk pertama kalinya, hiu berjumbai ini bisa tumbuh hingga panjang 2 meter (dengan betinanya lebih besar dari jantan) dan mereka tinggal di perairan dalam. Makanan mereka biasanya adalah cumi-cumi. Mereka tidak berbahaya bagi manusia, malahan kebanyakan hiu berjumbai ini menghabiskan seluruh hidup mereka tanpa pernah bertemu manusia. Hanya spesimen yang mati atau sekarat saja yang biasanya terlihat dan direkam oleh nelayan atau ilmuwan.




Termasuk group Osteoglossids kuno, ikan ini sudah ada pada periode Jurassic. Hari ini, mereka ditemukan di Amazon, dan di beberapa bagian Afrika, Asia dan Australia. Kadang-kadang dipelihara sebagai hewan peliharaan eksotis, arowana adalah predator yang rakus yang memakan binatang kecil mereka dapat menangkap, termasuk burung dan kelelawar. mereka mampu melompat hingga 2 meter  ke udara. Di Cina, arowana dikenal sebagai "ikan naga" karena penampilan mereka, dan mereka dianggap membawa keberuntungan.



 Arapaima
Termasuk kerabat dekat dengan arwana, arapaima Amazon yang kadang-kadang dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Menurut deskripsi awal, ikan ini bisa tumbuh hingga 4,5 meter panjangnya, tapi sekarang, individu-individu yang sangat besar seperti ini jarang ditemukan dan rata-rata arapaima dewasa yang ditemukan hanyalah yang panjangnya 2 meteran. Predator ini bergerak lambat dan memakan ikan kecil, dan apa pun yang kecil yang bisa muat dimulut mereka. Sebuah ciri menarik dari ikan ini adalah bahwa mereka perlu oksigen dari udara, untuk bertahan hidup. Arapaimas tidak berbahaya bagi manusia dan sering diburu untuk daging mereka, sayangnya, mereka sangat langka saat ini. Meskipun arapaima tampaknya muncul di masa Miosen, tetapi mereka masuk famili yang jauh lebih tua, yaitu Osteoglossidae, dan asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke zaman dinosaurus.




Hagfish
Menurut catatan fosil, hagfish telah ada selama lebih dari 300 juta tahun, yang berarti mereka sudah ada lama sebelum dinosaurus berkuasa! Ditemukan di perairan yang relatif dalam, hewan ini kadang-kadang disebut belut berlendir, tetapi mereka tidak benar-benar belut, dan bahkan sebenarnya mereka juga tidak bisa dikatakan ikan sama sekali, menurut beberapa ilmuwan. Mereka adalah hewan yang sangat aneh dalam segala hal, mereka memiliki tengkorak tetapi tak ada tulang belakang, dan mereka memiliki dua otak dan hampir buta. Mereka makan pada malam hari dan memakan bangkai hewan besar yang jatuh ke dasar laut. Mereka secara alami menghasilkan lendir yang merusak insang ikan predator, sebagai akibatnya, mereka hampir tidak memiliki musuh alami.



Lancetfish
Lancetfish jelas-jelas memiliki penampilan "prasejarah", dengan muka yang sangar, gigi tajam di rahangnya dan layar di punggungnya, mengingatkan kita pada beberapa dinosaurus (meskipun, pada lancetfish layar sebenarnya merupakan sirip dorsal yang melebar) . Bahkan nama ilmiahnya juga mirip dengan nama2 dinosaurus, yaitu Alepisaurus ferox. Memiliki panjang hingga dua meter, predator ini ditemukan di semua samudra, kecuali untuk daerah kutub, sangat rakus, ia makan ikan kecil dan cumi-cumi, dan juga diketahui terkadang dia anggota spesiesnya sendiri.



Sturgeon
Survivor lainnya yang selamat dari zaman dinosaurus, sturgeon yang dikenal sebagai salah satu sumber utama dari kaviar; karena penangkapan yang berlebihan, ini megah, ikan berperisai yang luarbiasa ini terancam punah saat ini. Spesies sturgeon terbesar dapat tumbuh hingga mencapai panjang 6 meter, dan tumbuh sebesar hiu putih. Mereka makan hewan-hewan kecil dari dasar laut dan tidak menimbulkan bahaya bagi manusia, kecuali diprovokasi (meskipun dengan tubuh mereka yang besar sebenarnya mereka dapat membunuh orang jika melompat ke tubuh manusia!)

sumber :http://versesofuniverse.blogspot.com/2011/07/ikan-ikan-fosil-yang-masih-hidup.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter