UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Asal Usul Sejarah Tiramisu

Diposting oleh Unknown on Jumat, 23 Maret 2012



























Semua orang pasti suka tiramisu. Arti harafiah tiramisu adalah "pull me up". Ini sesuai dengan efek kopi dan rasa manis yang membuai lidah setelah menikmatinya. 

Tapi sebenarnya tahukah Anda darimana asalnya tiramisu? Menurut sejarah tiramisu yang berupa cake berlapis biksuit renyah dan krim serta keju mascarpone yang lembut ini diperkenalkan di Italia, tapi resep tiramisu mirip dengan resep kue hidangan penutup yang dimuat di buku masak Yunani.

Dikenal juga sebagai Tuscan Trifle dan Zuppa Inglese. Tiramisu kuno berbentuk puding dan seperti makanan penutup lainnya, terbuat dari sponge cake atau lady fingers yang dicelupkan ke dalam liquor lalu dilapisi parutan cokelat serta puding.

Makanan penutup yang sama dengan Tiramisu diciptakan di Siena, provinsi barat laut Itali, Tuscany. Kue ini dihidangkan pada acara kunjungan Pangeran Cosimo Medici III (1642-1723). Sang pangeran kemudian membawa resep kue itu ke Florence.

Di abad ke-19, Tiramisu menjadi sangat terkenal di antara para intelektual dan seniman Inggris yang tinggal di Florence. Makanan penutup ini lalu dibawa ke Inggris dan menjadi terkenal. Baru pada tahun 90-an, tiramisu dikenal di Amerika, persisnya di San Fransisco.

Namun apapun ceritanya, secara klasik dessert ini dibuat dari biskuit savoiardi atau lady's finger yang disusun dan dilapisi dengan adonan yang terbuat dari krim kocok dan keju mascarpone.

Tambahan cokelat dan air kopi serta gula dalam adonan membuat tiramisu makin wangi dan legit rasanya. Dalam perkembangannya, tiramisu tak hanya dibuat dari biskuit savoiardi tetapi juga dari sponge cake. Akhirnya tampilan tiramisu mirip dengan cake, karenanya disebut tiramisu cake.​Ghiboo.com 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter