UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Profil Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang

Diposting oleh Unknown on Jumat, 19 Agustus 2011

Politeknik Negeri Sriwijaya, dahulunya bernama Politeknik Universitas Sriwijaya secara resmi dibuka pada tanggal 20 September 1982. Pada fase pertama Politeknik hanya mempunyai 2 (dua) Jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin dengan daya tampung maksimum 576 orang mahasiswa dan dengan sarana pendidikan, staf pengajar dan kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik PEDC Bandung.

Pada fase kedua tahun 1987 Politeknik memperluas bidang keteknikan dan melahirkan bidang Tata Niaga. Bidang keteknikan yang dikembangkan adalah Jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Kimia Industri sedangkan bidang tata Niaga terdiri atas Jurusan/Program studi Akuntansi Kesekretariatan telah dimulai tahun akademik 1986. Kemudian tahun1992 Jurusan Tata Niaga berkembang menjadi dua jurusan yaitu Jurusan Akuntansi dan Administrasi Niaga. Tenaga ahli bidang keteknikan adalah dari Swiss Contact sedangkan Tata Niaga dari Australia.

Pada tahun 2002/2003 dikembangkan dua jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Manajemen Informatika, yang pendiriannya ditetapkan melalui surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.2800/D/T/2001. Pada tahun akademik 2002/2003 banyak pengembangan-pengembangan pendidikan yang dilaksanakan oleh Politeknik diantaranya dengan dibukanya program Diploma III

Politeknik Negeri telah mempunyai Program Diploma IV Perancangan Jalan dan Jembatan yang telah dibuka sejak tahun 2002 dan pada tahun 2009 telah membuka Program Diploma IV baru pada jurusan Teknik Kimia dengan nama Program Studi Teknik Energi.

Politeknik Negeri Sriwijaya berkerjasama dengan Departemen Kimpraswil membuka kelas kerjasama Program Diploma III dan Diploma IV, Politeknik Negeri Sriwijaya bekerjasama dengan Pemrov Sumsel membuka kelas kerjasama Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik Konsentrasi Pembangkit Tenaga Listrik. Politeknik Negeri Sriwijaya juga bekerja sama dengan ConocoPhilips membuka kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Kimia.

Politeknik Negeri Sriwijaya sampai dengan tahun akademik 2010/2011 memiliki tiga belas program studi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 4050 orang.






Jurusan dan Program Studi

Politeknik Negeri Sriwijaya memiliki 9 jurusan dan 13 program studi sebagai berikut :

    Teknik Sipil

  • Teknik Sipil Program DIV Perancangan Jalan dan Jembatan


  • Teknik Mesin


  • Teknik ELektro Program Studi Teknik Listrik


  • Teknik ELektro Program Studi Teknik Elektronika


  • Teknik ELektro Program Studi Teknik Telekomunikasi


  • Teknik Kimia


  • Teknik Kimia Program DIV Teknik Energi


  • Akuntansi


  • Administrasi Niaga


  • Teknik Komputer


  • Manajemen Informatika


  • Bahasa Inggris dan Pariwisata

Unit Pelayanan

Unit Pelayanan merupakan unit-unit yang ada di Politeknik Negeri Sriwijaya yang memberikan pelayanan baik di bidang pendidikan, kewirausahaan, teknis maupun kesehatan kepada seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Sriwijaya.

Unit-unit yang ada adalah sebagai berikut:

P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

UP. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian

UPT. Perawatan dan Perbaikan

UPT. Komputer dan Internet

UP. Perpustakaan

UP. Poliklinik

Fasilitas

1. Perpustakaan

Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang terbagi menjadi dua bagian yaitu perpustakaan pusat dan perpustakaan jurusan. Perpustakaan pusat menyediakan jasa pelayanan peminjaman berbagai macam jenis buku bacaan, literatur baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris untuk semua jurusan. Sedangkan untuk perpustakaan jurusan berada di jurusan masing-masing dengan menyediakan jasa pelayanan peminjaman buku yang berhubungan dengan jurusan masing-masing. Selain buku di perpustakaan juga di sediakan CD yang berisi software dan literatur. Di perpustakaan pusat juga disediakan kantin/cafetaria dan juga warnet.

2. Tempat Ibadah

Politeknik Negeri Sriwjaya sendiri menyediakan fasilitas untuk beribadah. Khususnya yang Beragama Islam dapat melaksanakan kegiatan ibadahnya di Masjid . Masjid ini memiliki fasilitas ibadah yang cukup lengkap. Dan juga merupakan pusat kegiatan Islami mahasiswa/i baik di politeknik sendiri maupun mahasiswa/i luar. Hampir semua kegiatan islami di adakan di masjid. Mesjid ini sendiri dibangun pada tanggal 22 Juni 2005 atas bantuan dari Saudi Arabia.

3. Cafetaria

Untuk melayani kebutuhan mahasiswa/i disediakan cafetaria. Dimana Cafetaria menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Cafetaria sendiri menyediakan tempat untuk mahasiswa/i untuk menikmati makanan dan minuman tersebut. Ada dua lokasi cafetaria di Politeknik Negeri Sriwijaya. Pertama di PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) dan yang kedua di belakang Bengkel Mesin dan ketiga di Perpustakaan Pusat Polsri.

4. Lapangan Parkir

Untuk penempatan kendaraan bermotor bagi mahasiswa/i , Politeknik Negeri Sriwijaya juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas bagi kendaraan bermotor. Dimana di setiap lahan parkir tersebut di tempatkan petugas keamana yang mengawasi laju masuk dan keluar nya kendaraan di politeknik Negeri Sriwjaya. Sehingga keamanan bagi pemilik kendaraan terjamin.

5. Olahraga

Bagi yang hobi berolahraga, Politeknik juga memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap. Antara lain Lapangan tennis, Lapangan Bulu tangkis, tenis meja, basket, voli, futsal dan panjat dinding. Tempat olahraga ini disediakan untuk mahasiswa dan juga staff dosen di lingkungan Politeknik Negeri Sriwijaya. Dalam setiap tahunnya Badan eksekutif Mahasiswa menyelenggarakan acara Liga Politeknik yang melombakan berbagai macam cabang olahraga.

6. Internet dan Wireless Hotspot

Politeknik Negeri Sriwijaya memiliki lab-lab komputer yang terhubung ke jaringan Internet. Jaringan internet di Polsri terhubung dengan beberapa ISP dan memiliki bandwidth hingga 6 Mbps. Selain di lab dan kantor, Polsri juga memasang beberapa access point agar civitas akademika Polsri dapat mengakses internet tanpa kabel (Wireless Hotspot).

Kontak Politeknik Negeri Sriwijaya

Jl Srijaya Negara Bukit Besar Palembang 30139
Telpon : +620711353414
Fax: +62711355918
Web : http://www.polsri.ac.id
Email : info@polsri.ac.id

BAAK (Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan)

Email : akademik@polsri.ac.id

BAUK (Bagian Administrasi Umum dan Keuangan)

Email : kepegawaian@polsri.ac.id

PIH (Pusat Informasi dan Humas)

Email : pih@polsri.ac.id

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Email : info@polsri.ac.id

Copyright@laptopku-laptopmu.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Flag Counter